PENERAPAN KONSELING REALITAS DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL MAHASISWA JURUSAN BKPI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

RISMAWARNI, Suyanto (2024) PENERAPAN KONSELING REALITAS DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL MAHASISWA JURUSAN BKPI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUSS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Penerapan Konseling Realitas dalam Menningkatkan Self Control Mahasiswa Jurusan BKPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung untuk mendeskripsikan Penerapan konseling realitas dalam Meningkatkan Self control mahasiswa jurusan BKPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas islam negeri raden intan Lampung. Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk menganalisis proses penggunann konseling realitas dalam menumbuhkan self control mahasiswa jurusan BKPI UIN RIL. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskripsi kualitatif. Data primer sumber data yang didapat melalui wawancara dengan mahasiswa dan konseling mengenai penggunaan konseling realitas dalam menumbuhkan Self Control mahasiswa jurusan BKPI Universitas islam negeri raden intan lampung.. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakanstruktur WDEP untuk menumbuhkan Self Control mahasiswa Jurusan BKPI UIN RIL semester 3.mengobservasi maan pada saat konseling realitas berjalan salah setiap mahasiswa ,mengatur pertemuan kepada mahasiswa ,mempersiapkan tempat layanan konseling , pada tahap penggunaan konseling realitas pertama menggunakan tahap structuring yaitu tahap awal menanyakan kabar klien yang kedua adalah tahap inti yang Dimana tahap inti untuk mengekplorasi masalah kepada masing masing klien, yang ketiga menggunakan struktur WDEP yang dimna struktur tersebut untuk menggali masalah dan memecahkan masalah kepada masing masing klien.setelah itu klien mengemukakan komitmen tanpa punishmen yang Dimana setiap mahasiswa agar mempunyai komitmen dalam permecahan masalah self controlnya sendiri.dan yang terakhir tahap pengakhiran Dimana klien dan peneliti melakukan tahap akhir dari konseling realitas. Berdasarkan hasil analisis yang suda peneliti lakukan maka permasalahan tersebut berdasarkan teori Self control dapat dilihat dan diukur dengan iv menggunakan indicator-indikator konsumtif atau pemborosan menurut don slater. Kata Kunci: Self Control, Konseling Realitas v ABSTRACT This research is entitled The Use of Reality Counseling in Cultivating Self Control of Students Majoring in BKPI, Raden Intan State Islamic University, Lampung, to describe the use of reality counseling in cultivating Self Control of students majoring in BKPI, Raden Intan State Islamic University, Lampung. The purpose of this research is 1.) To analyze the process of using reality counseling in cultivating self-control for students majoring in BKPI UIN RIL This research uses data collection techniques in the form of interviews, documentation and observation. And the method used in this research is a qualitative descriptive research design. Primary data is a source of data obtained through interviews with students and counseling regarding the use of reality counseling in cultivating Self Control of students majoring in BKPI, Raden Intan Lampung State Islamic University. The subjects of this research are students Based on the results of research that has been carried out using the WDEP structure to foster Self Control for students of the BKPI UIN RIL Department in the 3rd semester, observing how reality counseling goes wrong for each student, arranging meetings with students, preparing the place for counseling services, in the first stage of using reality counseling, the structuring stage is used. namely the initial stage of asking how the client is doing, the second is the core stage, where the core stage is to explore problems with each client, the third is using the WDEP structure, where the structure is to explore problems and solve problems for each client. After that, the client expresses commitment without punishment. where each student must have a commitment to solving their own self-control problems. and finally the final stage where the client and researcher carry out the final stage of reality counseling. Based on the results of the analysis that the researchers have carried out, these problems based on Self-control theory can be seen and measured using indicators of consumption or waste according to Don Slater Keywords: Self control, reality counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:20
Last Modified: 25 Jul 2024 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34151

Actions (login required)

View Item View Item