PELAKSANAAN KONSELING REALITAS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 ABUNG TIMUR LAMPUNG UTARA

BERTI, NOVA SARI (2024) PELAKSANAAN KONSELING REALITAS SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 ABUNG TIMUR LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BERTI NOVA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri adalah keyakinan atau sikap positif yang dimiliki seseorang terhadap kemampuan, nilai-nilai, dan potensi dirinya sendiri. Ini melibatkan kepercayaan yang kuat terhadap kemampuan untuk mencapai tujuan, mengatasi hambatan, dan menghadapi tantangan dengan keyakinan. Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam pengembangan pribadi dan kesuksesan seseorang, karena dapat mempengaruhi motivasi, interaksi sosial, kinerja, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Design yang digunakan adalah single case design yaitu suatu penelitian studi kasus yang menekankan penelitian hanya pada sebuah unit kasus aja“ Kepercayaan” merupakan salah satu kata yang digunakan untuk membuat seseorang merasa memiliki kepercayan diri dalam dirinya sendiri, kepercayaan merupakan kata yang sangat diperlukan seseorang dalam dirinya karena dengan adanya kepercyaan ini maka seseorang akan merasa bahwa dirinya ini bisa untuk bersosialisasi di lingkungan dan dirinya berhak ada di halayak ramai. “faktor” pada kata factor ini maka peserta didik memiliki faktor pendukung untuk memiliki ketidak percayaan diri yang ada pada dirinya,factor yang di alami peserta didik yaitu faktor lingkungan,ekonomi dan teman, ini adalah factor pendukung peserta didik yang memiliki ketidak percayaan diri pada dirinya sendiri. Kepercayaan diri rendah di SMAN 1 Abung Timur Lampung Utara ini memiliki dua faktor yaitu faktor eksternal dan juga internal dimana kedua faktor ini sangat lah menentukan kepercayaan diri yang ada dalam diri peserta didik tersebut, faktor eksternal yaitu lingkungan, prestasi, teman, dan sekolah dari factor tersebut maka muncul lah ketidak percayaan diri yang timbul pada diri nya, lalu faktor intenal berasal dari dalam dirinya sendiri yaitu slalu merasa jelek dan berbeda dari teman-teman yang lain, dan juga berupa faktor ekonomi yaitu minder dengan keadaan ekonomi yang dimilikinya saat ini, dan merasa kalau tidak memiiki uang maka tidak ada teman ataupun orang lain yang ingin dekat dengan nya, dari kedua faktor ini merupakan faktor yang dialami peserta didik mengalami ketidakpercayaan diri peserta didik. Kata kunci : Kepercayaan Diri,Konseling Realitas,Peserta Didik iii ABSTRACT Self-confidence is a belief or positive attitude that a person has regarding his or her own abilities, values, and potential. It involves a strong belief in the ability to achieve goals, overcome obstacles, and face challenges with confidence. Self-confidence is an important factor in a person's personal development and success, because it can influence motivation, social interactions, performance, and overall quality of life. In this research, the researcher used a qualitative method with a case study research type and was descriptive in nature. The design used is a single case design, namely a case study research that emphasizes research only on one case unit. "Trust" is one of the words used to make someone feel that they have self-confidence in themselves, trust is a word that a person really needs in themselves. because with this belief, a person will feel that he is able to socialize in the environment and that he has the right to be in crowded places. "factor" in the word factor means that students have supporting factors to have self-doubt in themselves, factors experienced by students are environmental, economic and friend factors, these are supporting factors for students who have no self-confidence in themselves. Alone. Low self-confidence at SMAN 1 Abung Timur, North Lampung has two factors, namely external and internal factors, where these two factors really determine the self-confidence that exists within the students, external factors namely environment, achievement, friends and school. This then creates a lack of self-confidence that arises in him, then internal factors come from within himself, namely always feeling ugly and different from other friends, and also in the form of economic factors, namely feeling inferior about his current economic situation, and feel that if you don't have money then there are no friends or other people who want to be close to them. These two factors are the factors experienced by students who experience lack of self�confidence. Keywords: Self-confidence, Reality Counseling, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:05
Last Modified: 25 Jul 2024 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34150

Actions (login required)

View Item View Item