METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRANHASAN LANGGULUNG

MAREZA, PUTRI INDAH SARI (2024) METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRANHASAN LANGGULUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MAREZA PUTRI INDAH SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasan Langgulung sebagai salah satu tokoh pendidikan Islam yang terkemuka. Konsep pemikiran Hasan Langulung, menegaskan bahwa pendidikan adalah proses untuk memindahkan nilai-nilai budaya masyarakat yang diwariskan dari generasi tua ke generasi muda agar identitas budayanya tetap terjaga sebagi kelanjutan hidup masyarkat dan pendidikan juga pendidikan sebgai proses pengembangan potensi-potensi setiap individu. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ―Metode Pendidikan Islam Perspektif Pemikiran Hasan Langgulung.‖ Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan Islam perspektif pemikiran Hasan Langgulung? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer disini adalah data atau informasi yang diperoleh dari karya tulis dari tokoh pendidikan islam yaitu Hasan Langgalung yang dibahas dalam penulisan skripsi ini, adalah sebagai Metode pendidikan Islam menurut Hasan Langgalung dan Pendidikan Islam menurut Hasan Langgalung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Metode pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Hassan Langgulung yaitu metode lebih bersifat praktikal yaitu metode yang dilakukan harus berkaitan dengan tujuan Pendidikan Islam, metode pendidikan tidak memaksakan sesuatu hal yang bertentangan dengan fitrah manusianya, metode hendaknya membicarakan tentang pengerakan (motivtion) dan disiplin atau dalam istilah Al-Qur‘an ganajaran dan hukuman. Keunggulan metode pendidikan Islam Hasan Langgulung ialah suatu meningkatkan proses spritual, akhlak, intelektual, dan sosial. Metode metode pendidikan Islam Hasan Langgulung membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai, prinsip, dan keteladanan yang ideal dalam kehidupan bertujuan mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat. Kata kunci : Metode, Pendidikan Islam, Pemikiran Hasan Langgulung. ABSTRACT Hasan Langgulung is one of the leading figures in Islamic education. Hasan Langulung's concept of thought emphasizes that education is a process of transferring the cultural values of society which are inherited from the older generation to the younger generation so that cultural identity is maintained as a continuation of community life and education is also a process of developing the potential of each individual. Based on this background, the author is interested in conducting research entitled "Islamic Education Methods Perspective of Hasan Langgulung's Thought." The formulation of the problem in this research is what is the method of Islamic education from the perspective of Hasan Langroll's thought? This research is library research. The primary data source here is data or information obtained from the written work of an Islamic education figure, namely Hasan Langgalung, which is discussed in writing this thesis, namely the method of Islamic education according to Hasan Langgalung and Islamic education according to Hasan Langgalung. The data collection techniques used in this research are literature and documentation. The results of the research concluded that the Islamic education method proposed by Hassan Langroll is a more practical method, namely the method used must be related to the objectives of Islamic education, the educational method should not force something that is contrary to human nature, the method should talk about motivation and discipline. or in Al-Qur'anic terms reward and punishment. The advantage of Hasan Langroll's Islamic education method is that it improves spiritual, moral, intellectual and social processes. Hasan Langgulung's Islamic education methods guide humans and give them ideal values, principles and examples in life aimed at preparing for life in this world and the afterlife. Keywords: Method, Islamic Education, Hasan Langroll's Thought.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:43
Last Modified: 25 Jul 2024 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34144

Actions (login required)

View Item View Item