IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MERDEKABERMAIN PADA KELOMPOK-B DI TK ABA HARJOWINANGUN, OKU TIMUR

DEDE, LUTHFI ZAHQIYA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MERDEKABERMAIN PADA KELOMPOK-B DI TK ABA HARJOWINANGUN, OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus..pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI   DEDE LUTHFI  ZAHQIYAH ..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai bentuk pemulihan pembelajaran atau learning loss di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mencetuskan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar merupakan suatu program evolusi dari kurikulum prototipe dengan tujuan untuk memberikan suasana belajar yang menyenangkan sesuai dengan kemampuan peserta didik tanpa adanya beban berlebihan dalam proses belajar. Dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik itu sendiri. Untuk memenuhi hal tersebut maka perlu diterapkannya merdeka bermain untuk anak usia dini. Dimana hal ini sesuai dengan konsep pendidikan anak usia dini yaitu anak belajar seraya bermain dan bermain seraya belajar. Subjek utama dalam penelitian adalah guru kelas yang ada di kelompok-B TK ABA Harjowinangun dengan beberapa sumber data lain seperti kepala sekolah dan peserta didik dikelas tersebut. Objek dalam penelitian ini yaitu merdeka bermain untuk anak usia dini dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Sumber data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya implementasinya kurikulum merdeka belajar merdeka bermain di TK ABA Harjowinangun. Hal ini dibuktikan dengan adanya kebebasan bermain bagi anak, proses pembelajaran memberikan pengalman bermakna, adanya suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran berpusat kepada anak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi kurikulum merdeka agar pembelajaran yang diberikan mengarah pada proses yakni terdapat kesinambungan antara hasil dan proses maka perlu dilakukannya merdeka bermain untuk anak usia dini. Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Merdeka Bermain, Anak Usia Dini iii ABSTRACT As a form of recovery for learning or learning loss in Indonesia, the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia initiated the independent learning curriculum. The independent learning curriculum is an evolutionary program from the prototype curriculum with the aim of providing a pleasant learning atmosphere in accordance with students' abilities without excessive burdens in the learning process. In implementing the independent learning curriculum, the learning given to students must be in accordance with the students' own interests, talents and abilities. To fulfill this, it is necessary to implement free play for young children. Where this is in accordance with the concept of early childhood education, namely children learn while playing and play while learning. The main subject in the research was the class teacher in group-B of Harjowinangun ABA Kindergarten with several other data sources such as the principal and students in that class. The object of this research is freedom to play for early childhood in the implementation of the freedom to learn curriculum. Research data sources were obtained through interview, observation and documentation techniques. Based on the research results, it was found that there was an implementation of the independent learning independent play curriculum at ABA Harjowinangun Kindergarten. This is proven by the freedom to play for children, the learning process provides meaningful experiences, a pleasant learning atmosphere, and child-centered learning. Therefore, it can be concluded that in implementing the independent curriculum, so that the learning provided leads to a process, namely that there is continuity between the results and the process, it is necessary to implement independent play for early childhood. Key words: curriculum for freedom to learn, freedom to play, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:29
Last Modified: 25 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item View Item