STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT ORANG TUA DI MIN 1 PRINGSEWU

Rahayu, Wilujeng (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT ORANG TUA DI MIN 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RAHAYU WILUJENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran jasa pendidikan harus membangun citra dan sudut pandang sekolah terhadap masyarakat. Strategi pemasaran pendidikan memiliki pola fikir yang berpandangan ke depan sehingga dapat mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas untuk pendidikan kedepannya. Pemasaran merupakan suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan diera global. Tujuan dari pemasaran dalam suatu lembaga pendidikan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang produk-produk sekolah meningkatkan minat calon peserta didik, agar sekolah tetap ramai dan banyak jumalah peminatnya semakin meningkat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Ketua PPDB, Ketua Tu, dan Orang tua siswa. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunakan uji keabsahan data dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat siswa baru yang dilakukan oleh kepala madrasah dan tim ppdb: 1) Produk yang ditawarkan untuk menarik minat siswa yaitu dengan menawarkan kualitas siswa, keunggulan, kurikulum, ekrakulikuler. Dimana siswa harus memiliki bekal untyuk melanjutkan jenjang selanjutnya. 2) Harga gratis tidak dipunggut biaya, walaupun tidak ada biaya fasilitas dan bangunan kami sebagai suatu instansi akan memberikan pelayanan terbaik untuk menunjang proses pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efesian. 3) Lokasi strategis dengan letaknya yang tidak jauh dari Jalan Lintas dan dekat dengan berbagai fasilitas umum.4) Promosi dengan menggunakan media cetak dan elektronik sehingga memudahkan masyarakat mengetahui bahwa sudah ada pembukaan peserta didik baru di MIN 1 Pringsewu. Media cetak yang digunakan yaitu dengan memasang spanduk, banner dan membagikan brosur ke Ra/Tk terdekat, kemudian untuk media elektronik yang digunakan adalah Website, Video Profil sekolah, Tiktok, Ig, link, dan iv Facebook.5) Sumber Daya Manusia Tenaga pendiidk di MIN 1 Pringsewu sudah 90 % sudah PNS dan ada beberapa guru yang baru diterima PPPK dan beberapa bahkan sudah menempuh pendidikan hingga S2. 6) Bukti Fisik (physical evidence) fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki MIN 1 Pringsewu cukup lengkap dan memadai dalam menunjang proses belajar mengajar mulai dari ruang belajar dan fasilitas laiinya, bukti pendukung meliputi prestasi sekolah, data siswa, rapor, dan akreditasi sekolah, tenaga pendidik yang memenuhin standar. 7) Proses di MIN 1 Pringsewu berjalan dengan efektif dan efesien dengan menggunakan kurikulum yang yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, baik guru yang berkopeten, dan sarana prasana yang lengkap dan memadai. Dari ketujuh strategi yang dilakukan maka sekolah dapat menjadi contoh sekolah sekitar karena keberhasilannya dalam melakukan strategi pemasaran. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Jasa pendidikan v ABRTRACT Marketing education services must build the school's image and point of view towards the community. The education marketing strategy has a forward-looking mindset so that it can prepare qualified educators for future education. Marketing is a step in balancing the position of education in the global era. The purpose of marketing in an educational institution is to inform the public about school products to increase the interest of prospective students, so that schools remain crowded and the number of enthusiasts is increasing. Translated with DeepL.com (free version)In this study the authors used a qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. With the research subjects of the Head of Madrasah, Head of PPDB, Head of Tu, and parents of students. The analysis that researchers use, namely data reduction, data presentation and data verification. While researchers use data validity testing and source triangulation. The results of this study indicate that in the education marketing strategy in attracting new students carried out by the madrasah head and ppdb team: 1) The products offered to attract students are by offering quality, excellence, curriculum, extracurricular activities. Where students must have the provision to continue the next level. 2) The price is free of charge, although there is no facility and building fee, we as an institution will provide the best service to support the learning process to run effectively and efficiently. 3) Strategic location with its location not far from Jalan Lintas and close to various public facilities.4) Promotion by using print and electronic media to make it easier for people to know that there has been an opening of new students at MIN 1 Pringsewu. The print media used is by installing banners, banners and distributing brochures to the nearest Ra / TK, then for electronic media used is the website, school profile video, Tiktok, Ig, link, and Facebook.5) Human Resources The education staff at MIN 1 Pringsewu is 90% civil servants and there are several teachers who have just been accepted by PPPK and some have even taken education to S2. 6) Physical evidence, the facilities and infrastructure owned by MIN 1 Pringsewu are quite complete and adequate in supporting the teaching vi and learning process starting from the learning space and other facilities, supporting evidence includes school achievements, student data, report cards, and school accreditation, educators who meet the standards. 7) The process at MIN 1 Pringsewu runs effectively and efficiently by using the curriculum set by the government, both competent teachers, and complete and adequate infrastructure. Keywords: Strategi, Marketing, Educational Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:10
Last Modified: 25 Jul 2024 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item