PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PURBOLINGGOLAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024

Asri, Prasdianti (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PURBOLINGGOLAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ASRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan belajar adalah sikap mental yang tercermin dalam perbuatan atau tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat yang berupa ketaatan terhadap peraturan yang ditetapkan etika, norma, dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat untuk tujuan tertentu. Disiplin adalah orang yang belajar atau yang secara sukarela mengikuti pemimpinnya. Pada penelitian ini beberapa peserta didik mengalami kurangnya kedisiplinan belajar yang berdampak pada penurunan prestasi akademik pada peserta didik di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas X G SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendektan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara yang melibatkan guru bimbingan dan konseling yang bertugas serta mengatasi masalah peserta didik kelas X G SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur adalah sebagai berikut: pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reward dan punishment sudah dilakukan oleh guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur yaitu Ibu Dwi Puspita Sari, S.Pd. Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur dilaksanakan empat sesi pertemuan dengan tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa guru bimbingan dan konseling tetap melaksanakan dan tanggung jawab atas pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan belajar. Kata kunci: Layanan Konseling Kelompok, Reward Dan Punishment, Kedisiplinan Belajar iii ABSTRACT Learning discipline is a mental attitude that is reflected in the actions or behaviors of individuals, groups or communities in the form of obedience to the rules set by ethics, norms, and rules that apply in society for a certain purpose. Discipline is a person who learns or who voluntarily follows his leader. In this study, several students experienced a lack of learning discipline which had an impact on the decline in academic achievement in students at SMA Negeri 1 Purbolinggo, East Lampung. The purpose of this study is to determine the implementation of group counseling services with reward and punishment techniques in improving the learning discipline of students in class X G SMA Negeri 1 Purbolinggo East Lampung for the 2023/2024 school year. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected through interviews involving guidance and counseling teachers who are on duty and overcoming the problems of students in class X G SMA Negeri 1 Purbolinggo East Lampung. The results of the research on the implementation of group counseling services with reward and punishment techniques in improving the learning discipline of students of SMA Negeri 1 Purbolinggo East Lampung are as follows: the implementation of group guidance services with reward and punishment techniques has been carried out by the counseling guidance teacher at SMA Negeri 1 Purbolinggo East Lampung, namely Mrs. Dwi Puspita Sari, S.Pd. The implementation of group guidance services with reward and punishment techniques in improving the learning discipline of students of SMA Negeri 1 Purbolinggo East Lampung was held in four meeting sessions with the stages of formation, transition, activity, and termination. In the implementation of group counseling services with reward and punishment techniques in improving learning discipline, the author can conclude that guidance and counseling teachers continue to implement and take responsibility for the implementation of group counseling services with reward and punishment techniques in improving learning discipline. Keywords: group counseling services, rewards and punishments, learning discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:34
Last Modified: 24 Jul 2024 09:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34132

Actions (login required)

View Item View Item