EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

VIDINDA, RAHMAWATI (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIDINDA RAHMAWATI (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru Bimbingan dan Konseling SMK-SMTI Bandar Lampung, terdapat peserta didik yang kurang percaya diri, sulit untuk mengungkapkan pendapat serta tidak dapat memperjuangkan hak nya secara pribadi dengan cara yang baik. Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan informasi menggunakan media sosial instagram untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI di SMK-SMTI Bandar Lampung. Dalam Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif, dengan desain Quasi Eksperiment one group pretest postetst desaign, yang mana pengukuran sebelum diberikan treatmen yang disebut dengan pretest dan pengukuran sesudah diberikan treatment yang mana disebut dengan posttest. sampel penelitian ini berjumlah 5 peserta didik kelas XI di SMK-SMTI Bandar Lampung. Data ini penulis analisis menggunakan program SPSS statistic 23 dengan Uji Wilcoxon. Hasil pretes dan posttes yang telah dilakukan maka diperoleh Z hitung -2,023 yang mana Z hitung tersebut > 1, 1,96 Z tabel dan berdasarkan output hasil uji wilcoxon yaitu 0,043 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,043 < 0,05), dapat disimpulkan dari kedua perbandingan hasil pretest dan posttes tersebut menunjukan adanya perbedaan skor setelah diberikannya treatment berupa layanan Informasi dengan menggunakan media sosial instagram efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI di SMK-SMTI Bandar Lampung. . Kata Kunci: Layanan Informasi, Media sosial Instagram, Rasa Percaya diri. iv ABSTRAC Self-confidence is a very important aspect of personality in human life. Based on the results of observations and interviews with Bandar Lampung SMK-SMTI Guidance and Counseling teachers, there are students who lack self-confidence, find it difficult to express opinions and cannot fight for their rights personally in a good way. Due to this, researchers tried to implement information services using the social media Instagram to increase the self-confidence of class XI students at SMK-SMTI Bandar Lampung. This research uses a quantitative type of research, in this research it uses a Quasi Experimental one group pretest posttest design, where measurements before being given treatment are called pretest and measurements after being given treatment are called posttest. The sample for this research consisted of 5 class XI students at SMK-SMTI Bandar Lampung. The author analyzed this data using the SPSS statistics 23 program with the Wilcoxon test. From the results of the pre-test and post-test that have been carried out, the Z count is -2.023, where the Z count is > 1, 1.96 Z table and based on the output of the Wilcoxon test results, it is 0.043 which is smaller than 0.05 (0.043 < 0 .05), it can be concluded that the two comparisons show that there is a difference in scores after being given treatment in the form of information services using Instagram social media to increase students' self-confidence at SMK-SMTI Bandar Lampung. Keywords: Information Services, Instagram social media, Self�confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:56
Last Modified: 24 Jul 2024 08:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34126

Actions (login required)

View Item View Item