HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Pramudya, Hesti Permadi (2024) HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PRAMUDYA HESTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan mental sangat diperlukan seseorang dalam segala aktivitas hidupnya, khususnya siswa yang sedang menempuh dunia belajar. Kesehatan mental merupakan hal yang krusial bagi perkembangan siswa, khususnya siswa pada usia remaja. Untuk mencapai motivasi belajar yang maksimal diperlukan kesehatan mental yang tinggi, namun jika siswa kurang sehat mentalnya dengan ditunjukan oleh beberapa hal yang terjadi pada dirinya tersebut seperti kurang semangat belajar, lesu kurang bergairah, stres akibat tekanan batin, stres dan sebagainya. Metode peneltian yang digunakan adalah peneltian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu mengenai kesehatan mental dengan motivasi belajar. Hasil uji hipotesis dengan Pearson Correlation diperoleh nilai sebesar 0,825 dengan nilai signifikansi 0,000 (p-value <  = 0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kesehatan mental dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kesehatan mental yang sehat maka akan cenderung meningkatkan motivasi belajar yang tinggi, sebaliknya siswa yang kesehatan mental yang tidak sehat maka akan cenderung timbulnya motivasi belajar yang rendah. Kata Kunci: Kesehatan Mental, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT Mental health is very necessary for someone in all their life activities, especially students who are currently studying. Mental health is crucial for the development of students, especially students in their teens. To achieve maximum motivation to learn, high mental health is required, however, if students are not mentally healthy, this is indicated by several things that happen to them, such as lack of enthusiasm for learning, lethargy, lack of enthusiasm, stress due to mental pressure, stress and so on. The research method used is quantitative research using field research with a correlation approach. The data collection technique in this research is using questionnaires and documentation. This research was conducted at Al-Azhar 3 Middle School in Bandar Lampung, namely regarding mental health and learning motivation. The results of hypothesis testing with Pearson Correlation obtained a value of 0.825 with a significance value of 0.000 (p-value < = 0.05), which means that there is a significant relationship between mental health and student learning motivation in Islamic Religious Education subjects in class IX of junior high school. Al�Azhar 3 Bandar Lampung. It can be concluded that having healthy mental health will tend to increase high learning motivation, on the other hand, students with unhealthy mental health will tend to have low learning motivation. Keywords: Mental Health, Learning Motivation, Islamic Religious Educatio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:46
Last Modified: 24 Jul 2024 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34102

Actions (login required)

View Item View Item