ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA GIFTED AND TALENTED CHILDREN: TINJAUAN SISTEMATIS

SRI, FEBRIANA (2024) ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA GIFTED AND TALENTED CHILDREN: TINJAUAN SISTEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ARTIKEL ILMIAH SRI FEBRIANA.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap penelitian yang menganalisis bullying pada anak�anak berbakat dan berbakat. Penelusuran dilakukan di database psikologi dan pendidikan (Scopus), dengan memperhatikan karya�karya selama 14 tahun terakhir (2009-2022). Metode penelitian yang digunakan adalah metode sistematik literatur review (SLR); Data dianalisis secara kualitatif mengacu pada model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan validasi data. String pencarian dalam penelitian ini adalah "penindasan", DAN "berbakat", ATAU "berbakat", ATAU "anak-anak." Artikel-artikel yang telah diseleksi kemudian dipetakan dan dikodifikasi dengan Nvivo 12 Pro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berbakat dan berbakat di lembaga PAUD lebih mungkin menjadi korban bullying oleh teman sebayanya karena karakteristik unik dan fungsi kognitifnya yang unggul. Perilaku bullying yang biasa dialami oleh anak berbakat berupa hinaan yang mengacu pada kecerdasannya, komentar tentang penampilan, atau kualifikasi akademisnya. Oleh karena itu, guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang positif, memberikan penghargaan terhadap prestasi akademik yang tinggi, dan melakukan identifikasi dini. Kajian ini menyoroti perlunya pemangku kepentingan pendidikan untuk memberikan pelatihan atau tindakan khusus kepada pengelola lembaga anak usia dini terkait pencegahan bullying pada anak gifted and talented. iv ABSTRACT The objective of this study was to carry out a systematic review of the research works that have analyzed bullying in gifted and talented children. The search was conducted in psychology and education databases (Scopus), considering works from the past 14 years (2009-2022). The research method used is the systematic literature review (SLR) method; the data is analyzed qualitatively, referring to the Milles and Huberman model, which includes data reduction, data presentation, and data validation. The search string in this study is "bullying," AND "gifted," OR "talented," OR "children." The articles that have been selected are then mapped and codified with Nvivo 12 Pro. The results showed that gifted and talented children in early childhood institutions are more likely to be victims of bullying by their peers due to their unique characteristics and superior cognitive functions. Bullying behavior commonly experienced by gifted children takes the form of insults referring to their intelligence, comments about their appearance, or academic qualifications. Therefore, teachers play an essential role in creating a positive environment, rewarding high academic achievement, and conducting early identification. This study highlights the educational stakeholders' need to provide training or specific actions to the managers of early childhood institutions related to the prevention of bullying in gifted and talented children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:27
Last Modified: 24 Jul 2024 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item