PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

Ummi, Fadilatul Khoiriyah (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS (4).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FUll SKRIPSI Ummi Fadilatul Khoiriyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas layanan pendidikan adalah tingkat kesempurnaan atas manfaat atau kinerja lembaga pendidikan yang diharapkan siswa, serta pengendalian atas kesempurnaan tersebut dalam upaya memenuhi kebutuhan dan harapan siswa secara konsisten akan Pendidikan. Kepuasan peserta didik adalah respon atau tanggapan seorang peserta didik yang menimbulkan perasaan senang atau puas, jika kesesuaian antara pengalaman di sekolah sesuai dengan harapannya. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah kualitas layanan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung yang terlihat pada fluktuasi penurunan jumlah siswa dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Bandar lampung Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuesioner (angket) dalam bentuk google form. Metode kuesioner (angket) ini digunakan untuk mengumpulkan data variabel kualitas layanan pen�didikan dan kepuasan peserta didik. Populasi penelitian ini adalah se�luruh peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung yang berjumlah 442 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling atau pengambilan sampel secara acak berstrata, sebanyak 44 sampel. Penelitian ini memiliki variabel bebas yaitu kualitas layanan Pendidikan (X) dan variabel terikat yaitu kepuasan peserta didik (Y). Dan diketahui bahwasannya nilai signifikasi sebesar (sig) 0,000 < 0,05. artinya kualitas layanan pendidikan berpengaruh positif dan sig�nifikan terhadap kepuasan peserta didik. Selanjutnya dapat dilihat hasil dari thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,421 > 1,686 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa kuali�tas layanan pendidikan yang ada di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik. Adapun koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,628 atau 62,8 %. Dengan demikian menunjukkan suatu presentase pengaruh variabel Kualitas Layanan Pendidikan (X) mampu mempengaruhi sebesar 62,8 % terhadap Kepuasan Peserta Didik (Y) di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dan sisanya 37,2 % merupakan faktor yang bukan menjadi fokus pada pembahasan dalam penelitian ini. Kata kunci : Kepuasan Peserta Didik, Kualitas Layanan pendidikan iv ABSTRACT The quality of educational services is the level of perfection of the benefits or performance of educational institutions that students expect, as well as control over this perfection in an effort to consistently meet students' needs and expectations for education. Student satisfaction is a response or response from a student that gives rise to feelings of happiness or satisfaction, if the match between experiences at school matches his expectations. The problem in this research is the quality of education services at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung which can be seen in the fluctuation of the decline in the number of students from year to year. This research aims to determine whether there is a significant influence between the quality of educational services on student satisfaction at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. This research is quantitative with a questionnaire method in the form of a Google form. This questionnaire method is used to collect variable data on the quality of educational services and student satisfaction. The population of this study was all students at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, totaling 442 students. The sampling technique used was stratified random sampling or stratified random sampling, totaling 44 samples. This research has an independent variable, namely the quality of educational services (X) and a dependent variable, namely student satisfaction (Y). And it is known that the significance value is (sig) 0.000 < 0.05. This means that the quality of educational services has a positive and significant effect on student satisfaction. Furthermore, it can be seen that the results of tcount are greater than ttable, namely 8.421 > 1.686, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. So this shows that the quality of educational services at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung has a positive and significant influence on student satisfaction. The coefficient of determination (Rsquare) is 0.628 or 62.8%. Thus, it shows that the percentage influence of the Education Service Quality variable (X) is able to influence 62.8% of Student Satisfaction (Y) at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung and the remaining 37.2% is a factor that is not the focus of the discussion in this research. Keywords: Student satisfaction, quality of educational services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:21
Last Modified: 23 Jul 2024 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item