PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Nabila, Audri Madrin (2024) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus..pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi nabila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung serta upaya perpustakaan terhadap layanan Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Manfaat dalam penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan dan mengevoluasi perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei eksplanasi. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 705 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 90 siswa. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan uji prasarat analisis dan uji persial (t), uji simultan (f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi pemustaka. Hal ini dibuktikan dengan instrumen penelitian valid dan reliabel. Kualitas layanan perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dikategorikan baik berdasarkan analisis variabel kualitas layanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Nilai rata-rata variabel kualitas layanan adalah 75,41. Variabel persepsi pemustaka juga dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 74,53. SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, seperti meningkatkan kondisi fisik dan fasilitas, layanan sirkulasi, referensi, promosi, sosialisasi, kualitas pustakawan, kerjasama dengan pihak lain, dan teknologi. Diharapkan dengan upaya�upaya tersebut, perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dapat menjadi pusat informasi dan pembelajaran yang bermanfaat bagi seluruh pemustakanya. iv Kata Kunci : Persepsi pemustaka, Kualitas layanan perpustakaan. ABSTRACT This study aims to determine how the library users' perceptions of the quality of library services of SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung and the library's efforts towards SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Library services. The benefit of this research is that this research is expected to be a reference in developing and evolving the library of SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The research method used a type of quantitative research using the explanatory survey method. The population in this study were 705 students, the sampling technique used purposive sampling by taking the number of samples using the slovin formula with the results of 90 students. Then the data collection methods used in this study are observation, interviews, questionnaires / questionnaires and documentation, and data analysis techniques using preliminary analysis tests and partial tests (t), simultaneous tests (f). The results showed that the quality of library services has a significant influence on library user perceptions. This is evidenced by valid and reliable research instruments. The quality of library services of SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung is categorized as good based on the analysis of service quality variables consisting of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The average value of service quality variables is 75.41. The user perception variable is also categorized as good with an average value of 74.53. SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung has made various efforts to improve the quality of library services, such as improving physical conditions and facilities, circulation services, reference, promotion, socialization, librarian quality, cooperation with other parties, and technology. It is hoped that with these efforts, the library of SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung can become a center of information and learning that is useful for all librarians. Keywords: Library users' perception, library service quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:42
Last Modified: 23 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34068

Actions (login required)

View Item View Item