KETERLAMBATAN PEMBAYARAN UPAH PEKERJA DALAM PENJUALAN RADJA KEBAB DI SUMBER REJO KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

HANDEA, NURFAN (2024) KETERLAMBATAN PEMBAYARAN UPAH PEKERJA DALAM PENJUALAN RADJA KEBAB DI SUMBER REJO KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HANDEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Upah merupakan imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan berdasarkan jam kerja, jumlah barang yang dihasilkan atau banyaknya pekerjaan yang diberikan. Penetapan upah bagi tenaga kerja harus mencerminkan keadilan, dan mempertimbangkan berbagai aspek kehidupan, sehingga pandangan Islam tentang hak tenaga kerja dalam menerima upah lebih terwujud. Upah yang diberikan kepada seseorang harus sebanding dengan kegiatan-kegiatan yang telah dikeluarkan, seharusnya juga cukup bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup yang wajar. Namun dalam praktik pemberian upah yang dilakukan oleh pihak kedai kebab radja tidak sesuai dengan waktu kesepakatan perjanjian pembayaran gaji yang diberikan setiap tanggal 25, namun hal tersebut tidak sesuai dan dibayarkan diakhir bulan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka penulis mencoba untuk menggali lebih dalam mengenai hal tersebut dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana sistem penetapan upah pekerja dalam penjualan kebab di Radja Kebab Kemiling Kota Bandar Lampung?, 2) Bagaimana perspektif hukum Islam tentang penetapan upah pekerja dalam penjualan kebab di Radja Kebab Kemiling Kota Bandar Lampung?. Tujuan Masalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui sistem penetapan upah dalam penjualan kebab di Radja Kebab di Kemiling Kota Bandar Lampung. 2) Untuk Mengetahui Perspektif hokum Islam tentang penetapan upah pekerja dalam penjualan kebab di Radja Kebab Kemiling Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku di dalamnya terdapat upaya-upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginter prestasikan kondisi yang ada di lapangan. Pengambilan populasi dalam penelitian ini yaitu 5 orang pekerja, kemudian dijadikan sampel 3 orang pekerja. Kesimpulan dari kedua rumusan masalah tersebut yaitu Sistem pembayaran upah pekerja penjualan kebab di Radja Kebab Kemiling Kota Bandar Lampung dilakukan dengan pembayaran dua sistem yaitu perbulan dan mendapat bonus perhari. Perspektif hukum Islam tentang pembayaran upah pekerja dalam penjualan kebab di Radja Kebab Kemiling Kota Bandar Lampung belum sesuai dengan hukum Islam karena waktu pembayaran upah yang telah disepakati atau dijanjian diawal pembuatan kontrak kerja, bahwa upah akan diberikan disetiap tanggal 25, namun tidak di tuliskan. Salah satu dasar untuk sahnya akad perjanjian adalah suka sama suka atau saling rela, oleh sebab itu rusaknya system pembayaran upah ini menyebabkan batalnya suatu akad karena tidak memberikan haknya sebagai kariyawan. Kata Kunci: Keterlambatan Pembayaran Upah Pekerja, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:57
Last Modified: 23 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34052

Actions (login required)

View Item View Item