TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 12 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAHAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara

ARIFINA, RANGGA (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 12 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAHAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ARFINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dinas Lingkungan Hidup merupakan pelaksana urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan pertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara seharusnya mengikuti pasal dan peraturan yang telah dibuat agar tercapainya pelestarian fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran ataupun kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum yang sesuai dengan peraturan yang ada, yang diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 12 Tahun 2019 yakni sesuai dengan peraturan tersebut merupakan sudah tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemantauan dan memberikan sanksi yang tegas terhadap kegiatan usaha ataupun industri yang mempengaruhi kondisi lingkungan. Rumusan dari adanya penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Undang-undang Nomor 12 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perlindungan dan upaya pengelolaan lingkungan hidup di Desa Negararatu, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara studi di Dinas lingkungan hidup Kabupaten Lampung Utara? 2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziyyah tentang Implementasi Undang-undang nomor 12 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Negararatu, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara Studi di Dinas lingkungan hidup Kabupaten Lampung Utara? Penelitian ini masuk kedalam jenis Penelitian Penelitian Lapangan (Field Research) dengan metode pengumpulan data hasil dari wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan Analisis Kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Utara Nomor 12 Tahun 2019 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan hidup akibat pencemaran limbah industri sudah dilaksanakan dan sudah dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada namun dalam penerapannnya masih belum maksimal yang diakibatkan oleh 2 faktor yakni yang pertama Kurangnya ketegasan pihak Dinas lingkungan hidup Kabupaten Lampung Utara dalam mengawasi dan memberikan himbauan kepada pelaku usaha untuk membuat perizinan usaha.dan yang kedua Kurangnya pemahaman dan sikap acuh tak acuh dengan lingkungan yang berdampak penting bagi lingkunan hidup terhadap pelestarian oleh pelaku usaha.Pandangan Fiqh Siyasah Tanfidziyyah diperuntukkan seluruh manusia agar melaksanakan peraturan perundang-undangan dengan penuh keihklasan. Kata Kunci : Pencemaran, Fiqh Siyasah Tanfidziyyah, Perizinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:42
Last Modified: 23 Jul 2024 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item