PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS GREEN SCHOOL TERHADAP BERFIKIR KREATIF

DAFFA, RAHMANDA ASNAWI (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS GREEN SCHOOL TERHADAP BERFIKIR KREATIF. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of skripsi daffa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Green School Terhadap Berfikir Kreatif Daffa Rahmanda Asnawi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving pada pokok bahasan vertical garden dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII dalam pengelolahan limbah sampah di sekolah menggunakan materi pertumbuhan dan perkembangan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Experiment. Desain yang digunakan Postest Only Control design. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random sampling Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel satu kelas sebagai eksperimen berjumlah 33 dan satu kelas sebagai kelas kontrol Berjumlah 34 Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji hipotesis dan didapatkan nilai Sig sebesar 0.00 atau ≤ 0.05 sehingga H1 Terdapat Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis green school terhadap berfikir kreatif materi pertumbuhan dan perkembangan. Kata Kunci : Berfikir Kreatif, Creative Problem Solving, Green School, Perkembangan dan Pertumbuhan. iv ABSTRACT Using the Green School-Based Creative Problem Solving Learning Model for Creative Thinking Daffa Rahmanda Asnawi This research aims to determine whether the implementation of the Creative Problem Solving learning model on the subject of vertical gardens can improve the problem solving abilities of class XII students in managing waste at school using growth and development materials. This research method is quantitative research using the Quasy Experiment method. The design used is Posttest Only Control design. Data collection techniques in this research are tests, observation and documentation. The population in this study were all students in class XII Science. The sampling technique in this research used Cluster Random sampling. This research used 2 classes as samples, one class as an experiment totaling 33 and one class as a control class totaling 34. The data analysis technique used in this research is hypothesis testing and a Sig value of 0.00 or ≤ 0.05 is obtained so that H1 influences the use of the green school-based Creative Problem Solving learning model on creative thinking regarding growth and development at SMAN 12 Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year. Keyword : Think Creatively, Creative Problem Solving, Green School, Growth and Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:41
Last Modified: 22 Jul 2024 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item