PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNINGTIPE PROBLEM BASED INSTRUKTIONBERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Apriani, Rita (2018) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNINGTIPE PROBLEM BASED INSTRUKTIONBERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi pdf rita.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terjadi dilapangan ialah Guru biologi SMA Gajah Mada Bandar Lampung ialah kurangnya partisipasi siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, aktivitas belajar siswa cenderung rendah dikarenakan siswa jarang berpartisipasi langsung. Berdasarkanhasilwawancara yang dilakukan di SMA Gajah Mada Bandar Lampung menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi masih rendah. Asumsi tersebut diambil dari data nilai materi keaneka ragaman hayati yang peroleh peserta didik pada tahun pelajaran 2015/2016 belum mencapai nilai rata-rata yaitu: 70.Dari 200 siswahanya 40% yang mampu memperoleh nilai lebih dari 70 sedangkan 60% sisanya masih kurang dari 70.Penggunaan model active learningdenganPBI yang menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar diharapkan mampu meningkatkan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu), karena peneliti tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang muncul. Rancangan eksperimen dalam penelitian yang dilakukan adalah dengan pola posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel yang diambil menggunakan tekhnik cluster random sampling yaitu kelas XIPA2 dan XIPA5. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran active learningtipe PBI berbasis nilai-nilai keislaman diperoleh nilai rata-rata 73% sedangkan pada kelas kontrol 66%. Uji t pada pencapaian konsep diperoleh thitung=7,0706 dan ttabel 1,9996 sehingga thitungttabeldengan berdasarkan nilai taraf signifikan 5% (0,05) dengan df = 61 maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode penggunan model active learning berbasisnilai-nilai keislamanterhadap aktivitas belajar peserta didik materi keanekaragaman hayati. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model active learningtipe PBI berbasis nilai-nilai keislaman terhadap aktivitas belajar peserta didik SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Kata Kunci:Active Learning, Nilai-Nilai Keislaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:07
Last Modified: 22 Mar 2018 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item