IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI MELALUI SELF ASSESSMENTDAN PEER ASSESSMENT DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Umisyaroh, Maytia (2018) IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI MELALUI SELF ASSESSMENTDAN PEER ASSESSMENT DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi fik.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Keterampilan Proses Sains yang dilakukan pada saat pembelajaran belum berjalan dengan maksimal. Selama ini guru pada proses pembelajarannya hanya menekankan pada kemampuan hapalan. Instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan siswa pada aspek psikomotorik yang dapat diukur melalui kinerja praktik juga masih kurang di gunakan. Pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium kurang baik, dalam satu kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif melakukan praktikum. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk memperbaiki minat siswa berpraktikum.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi Keterampilan Proses Sains yang dimiliki siswa melalui self assessment dan peer assessment. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Bandar Lampung.Instrumen yang digunakan pada self assessment berupa angket, peer assessment berupa lembar observasi, melakukan wawancara dengan lembar wawancara siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasildari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh bahwa dari kesebelas indikator Keterampilan Proses Sains siswa yang banyak terlihat di lapangan hanya enam indikator yaitu: mengamati atau mengobservasi, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan atau penelitian, menggunakan alat atau bahan, berkomunikasi, dan melaksanakan percobaan atau bereksperimen. Sedangkan perhitungan instrument self assessmentdanpeer assessment melaluipraktikum sistem ekskresidiketahuibahwaself assessmentsebesar 88,10% danpeer assessment 80,16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:05
Last Modified: 22 Mar 2018 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item