KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQH DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN RANAH PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VII A DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH

Fauzyah, Atika (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQH DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN RANAH PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VII A DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_BURNING.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru Fiqh di MTs Negeri 1 yang belum dilaksanakan yaitu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum/silabus, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi hasil dan proses belajar. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru Fiqh di MTs Negeri 1 sudah merencanakan kegiatan terlebih dahulu tetapi teknik atau instrumen penilaian belum di cantumkan dalam lembar penilaian contohnya dalam penilaian ranah psikomotorik. Dan dalam melaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran guru Fiqh MTs Negeri 1 tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat pada lembar penilaian. Rumusan masalah dalam peneilitian ini ialah bagaimanakah kompetensi pedagogik guru fiqh dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ranah psikomotorik peserta didik? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru Fiqh kelas VII. Sumber data yang digunakan peneliti adalah guru bidang study fiqh, dan peserta didik kelas VII A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedogogik guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ranah psikomotorik peserta didik Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru Fiqh di MTs Negeri 1 Lampung Tengah dikategorikan belum menguasai kompetensi pedagogik secara optimal. Hal ini terlihat dari tujuh aspek kompetensi pedagogik guru hanya memenuhi empat aspek yaitu guru menguasai karakteristik peserta didik, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, dan komunikasi dengan peserta didik. Kompetensi pedagogik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ranah psikomotorik guru dikatakan belum melaksanakan evaluasi pembelajaran ranah psikomotorik dengan baik hal ini terlihat dari penilaian yang digunakan oleh guru dalam melaksnakan evaluasi pembelajaran ranah psikomotorik yaitu penilaian unjuk kerja, dan produk. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru Fiqh MTs Negeri 1 belum optimal dan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru harus merencanakan terlebih dahulu sebelum melaksanakan evaluasi pembelajaran. Dan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru harus sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Kata kunci: kompetensi pedagogik, evaluasi pembelajaran, ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:51
Last Modified: 13 Mar 2017 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item