PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Kholifah, Nuriya (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KHOLIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto yang meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi pengakuan (dirancang atau dilaksanakan) oleh peneliti. Penelitian sebab akibat dilakukan terhadap program, kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau yang telah terjadi, selanjutnya untuk memudahkan data dan informasi yang dapat mengungkapkan dan menjelaskan dalam penelitian ini, menggunakan metode Deskriptif Analisis melalui penelitian survei (Survey Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Melalui Teknik cluster random sampling yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 32 peserta didik. Data-data tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz dan minat belajar siswa pada mata pelalajaran akidah akhlak dikumpulkan dengan Teknik kuesioner ( angket). Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis regresi dengan uji signifikansi menggunakan uji F. Ada dua hasil penelitian yang diperoleh, yaitu 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh penggunaan media pembelajran aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hal tersebut dilihat dari nilai yang bernilai positif dan perolehan nilai sebesar 6.398 dibanding dengan 4,17, sehingga > maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang positif signifikan. Dilihat dari nilai koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 17,6% yang artinya kontribusi penggunaan media aplikasi Quizizz terhadap minat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung adalah sebesar 17,6% sedangkan 82,4% minat belajar siswa s=dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Media Pembelajaran ,Aplikasi Quizizz,Minat Belajar Akidah Akhlak iii ABSTRACT This research aims to find out how the use of the Quizizz application learning media influences students' interest in learning in class VII moral aqidah subjects at MTs Negeri 2 Bandar Lampung? The type of research used is after the fact which examines cause and effect relationships that are not manipulated or acknowledged (designed or implemented) by the researcher. Cause and effect research is carried out on programs, activities or events that have taken place or have occurred, then to facilitate data and information that can reveal and explain in this research, using the Descriptive Analysismethod through survey research (Survey Research). This research uses a quantitative approach with a correlation research type. The population in this study were all class VII students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung for the 2024/2025 academic year. Through Engineering cluster random sampling The sample for this research was class VII which consisted of 32 students. Data regarding the influence of using the Quizizz application learning media and students' interest in learning in the subject of moral beliefs was collected using a questionnaire technique. The data that has been collected is analyzed using regression analysis techniques with significance testing using the F test. There were two research results obtained, namely 1) there was a positive and significant influence on the use of the Quizizz application learning media on students' interest in learning in class VII moral aqidah subjects at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This is seen from the positive value and the value obtained of 6,398 compared to 4.17, so > then the null hypothesis ( ) is rejected and the alternative hypothesis ( ) is accepted, which means there is a significant positive influence. Judging from the coefficient of determination, the result is 17.6%, which means that the contribution of using the Quizizz media application to interest in learning in class VII Islamic religious education subjects at MTs Negeri 2 Bandar Lampung is 17.6% while 82.4% of students' interest in learning s=influenced by other factors. Keywords : Learning Media, Quizizz Application, Interest in Learning Moral Creed

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:18
Last Modified: 18 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33997

Actions (login required)

View Item View Item