PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PENGAMALAN IBADAH SHALAT DHUHA DI SMPN 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH

Ani, Erliana (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PENGAMALAN IBADAH SHALAT DHUHA DI SMPN 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANI  ERLIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PENGAMALAN IBADAH SHALAT DHUHA DI SMPN 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH Kecerdasan spiritual merujuk pada kemampuan untuk menghadapi pertanyaan tentang makna hidup, di mana individu mampu menempatkan perilaku dan eksistensi mereka dalam konteks yang lebih dalam dan berarti. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Namun, dalam konteks SMPN 1 Seputih Agung Lampung Tengah, Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah, peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Seputih Agung Lampung Tengah, Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berfokus pada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan melalui langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dalam hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 1 Seputih Agung Lampung Tengah, Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah. Dapat di simpulkan bahwa Peran Guru PAl dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui pengamalan ibadah shalat dhuha di SMPN 1 Seputih Agung Lampung Tengah, Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah sudah optimal, namun perlu ditingkatkan lagi. Peran Guru PAI sebagai pembimbing dan teladan untuk siswa sangat berperan penting sehingga siswa mulai terbiasa dengan pelaksanaan shalat dhuha untuk mencerdaskan spiritual siswa. Dari kegiatan shalat dhuha yang rutin setiap seminggu dua kali pada hari selasa dan kamis sudah meningkatkan perubahan spitual siswa. Siswa sudah mulai lebih baik dalam kecerdasan spiritualnya seperti merasakan kehadiran Allah, berdoa dan berzikir, kualitas sabar, kesadaran diri, memiliki empati atau kepedulian. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Meningkatkan Kecerdasan Spiritual iii ABSTRACT THE ROLE OF PAI TEACHERS IN INCREASING STUDENTS' SPIRITUAL INTELLIGENCE THROUGH THE PRACTICE OF DHUHA PRAYERS AT SMPN 1 SEPUTIH AGUNG CENTRAL LAMPUNG Spiritual intelligence refers to the ability to face questions about the meaning of life, where individuals are able to place their behavior and existence in a deeper and more meaningful context. Islamic Religious Education (PAI) teachers have a central role in developing students' spiritual intelligence. However, in the context of SMPN 1 Seputih Agung Central Lampung, Seputih Agung District, Central Lampung Regency, the role of PAI teachers in increasing students' spiritual intelligence is not yet optimal. This research aims to identify the role of PAI teachers in increasing the spiritual intelligence of students at SMPN 1 Seputih Agung Central Lampung, Seputih Agung District, Central Lampung Regency. This research uses a qualitative descriptive approach with research subjects focusing on Islamic Religious Education (PAI) subject teachers and students. Data collection methods involve observation, interviews, and documentation, while data analysis is carried out through steps of reduction, presentation, and drawing conclusions. In the results of research conducted at SMPN 1 Seputih Agung Central Lampung, Seputih Agung District, Central Lampung Regency. It can be concluded that the role of PAl teachers in increasing students' spiritual intelligence through the practice of Duha prayer at SMPN 1 Seputih Agung Central Lampung, Seputih Agung District, Central Lampung Regency is optimal, but needs to be improved further. The role of PAI teachers as mentors and role models for students is very important so that students begin to get used to performing Dhuha prayers to educate students' spiritual intelligence. The regular Duha prayer activities twice a week on Tuesdays and Thursdays have increased students' spiritual changes. Students have started to get better in their spiritual intelligence such as feeling the presence of God, praying and dhikr, the quality of patience, self-awareness, having empathy or caring. Keywords: Role of PAI Teachers, Increasing Spiritual Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:14
Last Modified: 18 Jul 2024 05:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item View Item