PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR (MELIPUTI ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR) PADA PESERTA DIDIK

SITI, NURHIDAYAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR (MELIPUTI ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR) PADA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI NURHIDAYAH 1711050112(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah antara SAVI dengan konvensional yang dinilai lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan Kognitif dan Psikomotor peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Taknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes dan dokumentasi. Pegujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis multivariat (Manova). Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu peneliti melakukan uji prasyarat yaitu uji mormalitas dan homogenitas. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogrov smirnov dan uji normalitas menggunakan uji M Box’s. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji Multivariat diperoleh nilai signifikansi 0,005 yang berarti bahwa ditolak atau terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan konvensional terhadap kemampuan Kognitif dan Psikomotor peserta didik secara simultan. Selanjutnya hasil uji terhadap kedua kemampuan secara terpisah juga menunjukan nilai sig 0,001 untuk kemampuan Kognitif dan 0,002 untuk Psikomotor yang berarti bahwa ditolak dan terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan konvensional terhadap kedua kemampuan secara masing-masing, yaitu terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan konvensional terhadap kemampuan Kognitif, dan terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan konvensional terhadap Psikomotor. Langkah selanjutnya yaitu menentukan model manakah yang dinilai lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan Kognitif dan Psikomotor. Peneliti melakukan analisis rata-rata tes kemampuan Kognitif dan Psikomotor peserta didik dengan menggunakan kedua model. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model SAVI lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan Kognitif dan Psikomotor peserta didik dibandingkan model konvensional. Kata Kunci: Model SAVI; Kemampuan Kognitif; Kemampuan Psikomotor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:45
Last Modified: 18 Jul 2024 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33990

Actions (login required)

View Item View Item