PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK PUNISHMENT DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SITI, SAFIRA (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK PUNISHMENT DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jika seseorang, dalam hal ini pelajar SMA mempunyai kesulitan untuk memulai dan menyelesaikan tugas yang dihadapi serta gagal menyelesaikan tugas sesuai batas waktu yang telah ditentukan maka dapat dikatakan sebagai ciri-ciri orang yang melakukan Prokrastinasi Akademik akademik. Seperti hal nya di SMA Negeri 11 Bandar Lampung, terdapat tiga peserta didik di kelas XI yang melakukan Prokrastinasi Akademik saat pembelajaran dikelas. Maka peneliti melakukan penelitian di sekolah ini yang bertujuan untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan layanan konseling individu teknik Punishment yang dilakukan Guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku Prokrastinasi Akademik pada peserta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sebab peneliti ingin mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana sebenarnya Guru bimbingan dan konseling di SMAN 11 Bandar Lampung melaksanakan Layanan konseling individu teknik Punishment. Hasil penelitian ini yaitu Guru bimbingan dan konseling melakukan 3 tahap pada pelaksanaan layanan konseling individu diantaranya tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir. tahap awal yang terdiri dari Konselor Membangun hubungan yang baik dengan konseli, Memperjelas dan mendefinisikan masalah, Membuat perjanjian alternatif bantuan dalam mengatasi konselor berusaha merancang bantuan yang mungkin dilakukan, dan Menegosiasikan kontrak. Tahap pertengahan yaitu Menjelajahi dan mengeksplorasi masalah serta kepedulian konseli dan lingkungannya dalam mengatasi masalah tersebut, Menjaga agar hubungan konseling selalu terpelihara. Berdasarkan hasil analisis yang sudah peneliti lakukan maka pelaksanaan layanan konseling individu teknik Punishment sesuai dengan teori pelaksanaan layanan konseling yang dikemukakan oleh cavanagh. Serta hasil yang didapatkan dari pelaksanaan layanan konseling individu ini iii adalah Dapat intropeksi diri, Dapat berbuat lebih baik Dapat mengevaluasi diri sendiri Dan dapat meningkatkan potensi dan motivasi belajar yang sesuai dengan indikator keberhasilan teknik Punishment yang dikemukakan oleh steers & porter. Kata Kunci : Konseling Individu, Punishment, dan Prokrastinasi Akademik iv ABSTRACT If someone, in this case a high school student, has difficulty started and completed the assignment at hand and fails to complete the assignment within the predetermined time limit, then it can be said to be the characteristics of a person who engages in academic procrastination. As was the case at SMA Negeri 11 Bandar Lampung, there were three students in class XI who engage in procrastination dured class. So the researchers conducted research at this school which aimed to find out what kind of implementation of individual counseled services used Punishment techniques was carried out by guidance and counseled teachers in dealed with procrastination behavior in class XI students. This research uses a descriptive qualitative approach, because the researcher wants to describe and illustrate how guidance and counseled teachers at SMAN 11 Bandar Lampung actually carry out individual counseled services used the Punishment Technique. The results of this research were that guidance and counseled teachers carry out 3 stages in the implementation of individual counseled services, namely the initial stage, middle stage and final stage. The initial stage consists of the counselor builded a good relationship with the counselee, clarifyed and defined the problem, maked alternative assistance agreements to overcome the counselor tryed to explore possible assistance plans that might be implemented, and negotiated the contract. The middle stage was explored and explored the problems and concerns of the counselee and their environment in overcomed these problems, ensured that the counseled relationship was always maintained. Based on the results of the analysis that the researchers have carried out, the planned and implementation of individual counseled services used Punishment techniques was in accordance with the theory of implemented counseled services put forward by Cavanagh. And the results obtained from the implementation of this individual counseled service were that you can introspect yourself, you can v do better, you can evaluate yourself and you can increase your learned potential and motivation in accordance with the success indicators of the Punishment technique proposed by Steers & Porter. Keywords: Individual Counseling, Punishment, and Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:40
Last Modified: 17 Jul 2024 09:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item