PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

Aktiara, Sefriadi (2024) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AKTIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh era globalisasi sekarang ini membawa manusia untuk terlalu sibuk dengan urusan duniawi sehingga mengabaikan kehidupan akhirat. Kecemasan menurunnya sikap dan moral dari dampak globalisasi tersebut akhirnya muncul. Adanya pedoman bagi peserta didik untuk membentuk mereka menjadi manusia yang taat norma sangat diperlukan. Pentingnya menyadari bahwa untuk menghadapi sesuatu yang terjadi dapat melalui pendidikan agama sebagai upaya menghilangkan emosi negatif mempengaruhi perilaku manusia. Ada banyak hal yang memang penting, salah satunya yaitu kemampuan membaca dan memahami Al-Qur‟an, berkat Al-Qur‟an itu sendiri menyarankan agar masyarakat menambah pengetahuannya bidang keilmuan yang berbeda. Dengan membaca dan memahami Al-Qur‟an maka kita akan mampu memahami kehidupan dunia dan lainnya. Studi ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an terhadap perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini mengambil satu kelas dengan sekitar 36 siswa tingkat kedua pada SMK- SMTI Bandar Lampung yang dijadikan sebagai responden. Model penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup mengenai intensitas membaca Al-Qur‟an pada siswa serta perilaku keagamaan dan juga peneliti memasukkan dokumentasi. Analisis data dideskripsikan dengan melalui serangkaian proses: pengolahan data, penyajian data dan hasil serta penarikan kesimpulan terhadap temuan yang didapatkan. Temuan yang diperoleh dari proses penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi bernilai positif dengan nilai X sebesar 0,738 yang mana setiap adanya kenaikan 1% pada variabel X tersebut, maka nilai variabel Y juga naik sebanyak 0,738, begitu pun sebaliknya. Hal ini menandakan bahwa semakin intens siswa dalam membaca Al-Qur‟an, maka akan semakin baik pula perilaku keagamaannya. Ini dapat diindikasikan bahwa intensitas membaca Al-Qur‟an memberikan pengaruh padaperilaku keagamaan siswa. Pondasi dalam pengamalan dan pengalaman beragama merupakan suatu wujud nyata pada perilaku keagamaan yang dimiliki oleh seseorang. Oleh karena itu, faktor – faktor pendukung yang dapat membantu siswa untuk mendapatkan perilaku yang baik tersebut sangat penting untuk diperhatikan, terutama dalam lingkungan keluarga dan sekolah Keywords: intensitas membaca Al-Qur’an, perilaku keagamaan, karakter beragama iii ABSTRACT The influence of the current era of globalization has led people to be too busy with worldly affairs to the point of ignoring the afterlife. Anxiety about declining attitudes and morals due to the impact of globalization finally emerged. The existence of guidelines for students to shape them into norm-abiding human beings is very necessary. The importance of realizing that dealing with something that happens can be done through religious education as an effort to eliminate negative emotions that influence human behavior. There are many things that are important, one of which is the ability to read and understand the Al-Qur'an, by the Al-Qur'an itself it is suggested that people increase their knowledge in different scientific fields. By reading and understanding the Al-Qur'an, we will be able to understand world life and others. This study aimed to determine the influence of the intensity of reading Al-Qur‟an on the students' religious behavior. This research took one class with around 36 second level students at SMK-SMTI Bandar Lampung who were used as respondents. The research model used a quantitativeapproach with data collection techniques carried out by distributing closed�ended questionnaire regarding the intensity of reading Al-Qur'an to students as well asreligious behavior and the researcher also included documentation.The data analysis was described through a series of processes: processing data, presenting results and drawing conclusions based on the findings obtained. The finding obtained from the study showed that the regression coefficient was positive with an X value of 0.738, where for every 1% increase in variable X, the value of variable Y also increased by 0.738, and vice versa. This indicates that the more intense students are in reading Al- Qur‟an, the better their religious behavior will be. This can be declared that the intensity of reading Al-Qur‟an has an influence on students' religious behavior. The foundation of religious practice and experience is a concrete manifestation of a person's religious behavior. Therefore, supporting factors that can help students to achieve good behavior are very important to pay attention to, especially in family and school environment. Keywords: intensity of reading Al-Qur‟an, religious behavior, religious character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:22
Last Modified: 17 Jul 2024 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33961

Actions (login required)

View Item View Item