IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BASYARI KECAMATAN SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

DIKI, AFRIYANTO (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BASYARI KECAMATAN SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DIKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan Keagamaan adalah sebuah layanan yang tidak terpisahkan dari usaha yang dilakukan oleh sebuah Lembaga Pendidikan salah satunya seperti Lembaga Pendidikan non formal yaitu pondok pesantren yang berupaya memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh individu secara manusia secara kognitif, mencakup proses pemahaman, sudut pandang, sosial, dan spiritual. Ini dikarenakan setiap individu memiliki kebutuhan spiritual mendasar dalam diri mereka. Salah satu sasaran yang harus mendapatkan nilai�nilai keagamaan adalah para santri yang pada tahap awal mengenal pondok pesantren. Rendahnya pemahaman agama pada setiap individu dalam masyarakat secara langsung maupun tidak, ikut membentuk lingkungan yang tidak sehat dalam perjalanan hidup seorang santri yang dikategorikan seorang remaja. Salah satu santri yang mendapatkan bimbingan keagamaan dan memerlukan penyesuaian diri adalah santri baru di pondok pesantren, dimana pondok pesantren merupakan suatu wadah atau tempat para santri menuntut ilmu agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Pesantren Al-Basyari Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah 12 orang, terdiri dari 8 santri baru putra yang mengikuti bimbingan keagamaan, 2 pengurus pondok pesantren, 1 ustadz pembimbing keagamaan dan pengasuh pondok pesantren Al�Basyari. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku, dokumen, internet dan media cetak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data deduktif, metode dalam pengumpulan data yang melibatkan penetapan suatu prinsip umum terlebih dahulu berdasarkan pengetahuan yang ada, lalu data dikumpulkan dengan menggunakan metode tertentu yang sesuai. Setelah itu, kesimpulan khusus ditarik berdasarkan prinsip umum yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitianya yaitu: hasil penelitian yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa sebelumnya para santri baru banyak yang belum bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang ada di pondok pesantren seperti masih sering kabur dari pesantren,berkelahi dengan santri senior,membolos saat ada jadwal mengaji dan tidak aktif mengikuti sholat berjamaah dimasjid. Kemudian setelah mengikuti bimbingan keagamaan dengan metode dan materi yang ditentukan dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh santri. Mereka sudah dapat menyesuaikan diri mereka dan memotivasi diri mereka sendiri untuk semangat dan istiqomah selama menimba ilmu di pondok pesantren Al-Basyari. Kata Kunci: Bimbingan Keagamaan, Penyesuaian, Santri,Pondok Pesantren. ABSTRACT Religious Guidance is a service that is inseparable from the efforts carried out by an educational institution, one of which is a non-formal educational institution, namely Islamic boarding schools, which seeks to meet the needs required by individuals as humans cognitively, including the process of understanding, point of view, social and spiritual. This is because every individual has basic spiritual needs within themselves. One of the targets who must obtain religious values is the students who are in the initial stages of getting to know Islamic boarding schools. The low understanding of religion in every individual in society, directly or indirectly, contributes to creating an unhealthy environment in the life journey of a student who is categorized as a teenager. One of the students who receive religious guidance and need to adjust themselves is the new students at the Islamic boarding school, where the Islamic boarding school is a place or place for students to study religion. This research aims to determine the implementation of Religious Guidance in Overcoming the Self-Adjustment Problems of Students at Al Islamic Boarding School. -Basyari, Sendang Agung District, Central Lampung. This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature. The primary data sources in this research were 12 people, consisting of 8 new male students who were taking religious guidance, 2 boarding school administrators, 1 religious guidance teacher and the caretaker of the Al-Basyari Islamic boarding school. Meanwhile, secondary data sources in this research were obtained from books, documents, the internet and print media. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is a deductive data analysis model, a method of data collection that involves establishing a general principle first based on existing knowledge, then data is collected using certain appropriate methods. After that, specific conclusions are drawn based on previously established general principles. The results of the research are: the results of the research that the author obtained show that previously many new students had not been able to adapt themselves to the environment in the Islamic boarding school, such as often running away from the Islamic boarding school, fighting with senior students, skipping classes when there was a Koran recitation schedule and not actively participating in prayers. congregation at the mosque. Then, after following religious guidance with the specified methods and materials, you can overcome the problems experienced by the students. They have been able to adapt and motivate themselves to be enthusiastic and persistent while studying at the Al-Basyari Islamic boarding school. Keywords: Religious Guidance, Adjustment, Santri, Islamic Boarding School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:38
Last Modified: 16 Jul 2024 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item View Item