STRATEGI PEMASARAN BIRO HAJI DAN UMROH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PT. ARMINAREKA PERDANA CABANG LAMPUNG

Titin, Marfiah (2024) STRATEGI PEMASARAN BIRO HAJI DAN UMROH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PT. ARMINAREKA PERDANA CABANG LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Titin Marfiah.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasarn yaitu serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan, acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran biro haji dan umroh dalam meningkatkan jumlah jamaah PT. Arminarika perdana cabang Lampung. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata dari fenomena yang diteliti atau dari orang yang berkompeten dibidangnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field resesech). Pada peneilitian tersebut penulis langsung ke lapangan untuk mencermati secara intensif mengenai strategi pemasaran biro haji dan umroh dalam meningktkan jumlah jamaah haji dan umroh. Hasil penelitian strategi pemasaran yang diterapakan oleh PT. Arminareka Perdana cabang Lampung untuk meningkatkan jumlah jama’ah. Yaitu menggunakan bauran pemasaran 7p (product, price, plac, promotion, people, process, physical evidence). PT. Arminareka Perdana juga selalu mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam promosi. Dalam melakukan proses pemasaran PT. Arminareka Perdana cabang Lampung menggunakan pemasaran secara langsung dan tidak langsung yaitu dengan cara syiar melalui kegiatan pameran-pameran yang bersifat keagamaan dan sosialisasi melalui seminar juga menggunakan media social seperti whatsapp, Instagram,facebook, tiktok, youtube dan website. Kata Kunci : Strategi pemasaran,meningkatkan jama’ah, haji dan umroh. ABSTRACT Marketing strategy is a series of goals and objectives, policies and rules that provide direction to a company's marketing efforts from time to time, at each level, reference and allocation, especially as a company's response to the ever-changing competitive environment and conditions. The aim of this research is to find out how the Hajj and Umrah bureau's marketing strategy increases the number of PT pilgrims. First Arminarika Lampung branch. In this research, the author uses qualitative methods, namely research that produces descriptions in the form of words from the phenomena being studied or from people who are competent in their field. This research is a type of field research (field research). In this research, the author went directly to the field to look intensively at the marketing strategies of Hajj and Umrah bureaus in increasing the number of Hajj and Umrah pilgrims. The results of marketing strategy research implemented by PT. Arminareka Perdana Lampung branch to increase the number of congregation. Namely using the 7p marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence). PT. Arminareka Perdana also always optimizes services according to what is promised in promotions. In carrying out the marketing process PT. Arminareka Perdana Lampung branch uses direct and indirect marketing, namely by broadcasting through exhibitions of a religious nature and outreach through seminars as well as using social media such as WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, YouTube and websites. Keywords: Marketing strategy, increasing congregation, Hajj and Umrah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:04
Last Modified: 16 Jul 2024 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33949

Actions (login required)

View Item View Item