STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUKHTAR SYAFA’AT KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN

RAHAYU, INTAN SESTIAWATI (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUKHTAR SYAFA’AT KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi RAHAYU INTAN SESTIAWATI.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan demikian, adanya persaingan di era sekarang seperti munculnya pondok-pondok pesantren yang modern dengan sistem pendidikan yang lebih baik dan sarana dan prasarana yang lebih memadai, dan itu akan menjadikan suatu resiko bagi pondok pesantren mukhtar syafa‟at yang akan mengakibatkan kurangnya minat santri untuk masuk ke pondok tersebutPada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik metode wawancara (interview), metode pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga alur aktivitas yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data primer diperoleh dari survei lapangan dan wawancara langsung. Data sekunder diperolah dari catatan internal organisasi, media cetak. dan elektronik. Menguji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil sumber data yang diperoleh dari santri,santri yang masuk kepondok pesantren mukhtar syafa‟at adalah hasil penerapan dari tiga setrategi pemasaran pondok pesantren mukhtar syafa‟at. Pertama dengan menerapakan media digital untuk memudahkan masyarakat mengakses dan memperoleh informasi tentang pondok pesantren mukhtar syafa‟at agar calon santri semakin yakin untuk masuk dan mendaftarkan diri kepondok pesantren mukhtar syafa‟at. Kedua menerapkan setrategi pemasaran teradisional dengan membuat dan mencetak media visual seperti brosur, brosur tersebut disebarkan melalui santri, alumni dan pengurus pondok didalam brosur berisi berbagai kegiatan yang ada dipondok sehingga meningkatkan daya tarik dan minat untuk calon santri mendaftarkan dirinya kepondok pesantren mukhtar syafa‟at, selanjutnya memasang billboard pada tempat yang sering didatangi oleh masyarakat, dan dipinggir jalan pusant desa maupun kota, banner yang dipasang pada depan sekolah dan tempat-tempat yng banyak dikunjungi masyarkat banner tersebut berisi ajakan mondok, dokumentasi kegiatan dan informasi pendidikan yang ada didalam pondok pesantren mukhtar syafa‟at. Ketiga, hasil strategi pemasaran gerilya didalam pemasaran tersebut melibatkan santri yang berasal dari berbagai macam daerah dan alumni yang sudah menyebar dimana-mana sehingga sudah banyak masyarakat yang mengetahui informasi tentang pondok pesantren mukhtar syafa‟at. Dengan strategi tersebut,pondok pesantren mukhtar syafa‟at diharapkan agar bisa semakin maju dan berkembang. Strategi pemasaran ini memiliki dampak pengaruh yang sangat penting untuk pondok pesantren mukhtar syafa‟at, pondok pesantren memiliki tujuan dan alur yang sangat jelas dalam memasarkan pondok pesantren, memiliki sarana dan pemasaran yang memadai pondok pesantren juga lebih termotivasi untuk meperbaiki dan menambah produk-produk di dalam pondok dan lebih percaya diri dalam bersaing di era modern meskipun berbasis salafiyah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jumlah Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:56
Last Modified: 16 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item