MANAJEMEN PELAYANAN MASJID AL-MUSTASYFA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN IBADAH KELUARGA PASIEN DI RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO BANDAR LAMPUNG

Syahril, Rumdani (2024) MANAJEMEN PELAYANAN MASJID AL-MUSTASYFA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN IBADAH KELUARGA PASIEN DI RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAHRIL RUMDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masjid Al-Mustasyfa Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung sebagai tempat ibadah, serta tempat istrahat keluarga pasien Rumah Sakit Urip Sumoharjo melalui optimalisasi manajemen pelayanan dan kegiatan-kegiatan keagamaan kepada masyarakat atau keluarga pasien. Kegiatan Rohis ditawarkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pemahaman keagamaan masyarakat maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan keindahan serta keamanan ketika berada di masjid Al-Mustasyfa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Manajemen Pelayanan Masjid Al�Mustasyfa Dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Keluarga Pasien Di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian field reseach (Lapangan). Untuk mendapatkan data-data dan penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode ini. Peneliti berusaha dengan mengumpulkan data dilapangan menyusun, mengklarifikasikan, serta menganalisis data mengenai Manajemen Pelayanan Masjid Al-Mustasyfa Dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Keluarga Pasien Di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung. Dari hasil penelitian, maka penulis dapat menyimpkan Manajemen Pelayanan Masjid Al-Mustasyfa Dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Keluarga Pasien Di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik sebab sudah memiliki program-program seperti kegiatan rohis, pengajian umum, TPA yang selalu berjalan dengan lancar dan didukung ataupun dihadiri oleh para jamaah maupun keluarga pasien. para pengurus masjid selalu senantiasa mengembangkan program-program seperti program rohis yang dimana tim rohis selalu berkeliling kesetiap kamar pasien untuk mengingatkan pasien dalam beribadah walaupun dalam kondisi sakit dan menguatkan pasien agar lekas sembuh dan selalu berfikir positif. Dan pengurus Masjid Al-Mustasyfa Rumah Sakit Urip Sumoharjo selalu menyiapkan materi yang menarik dalam setiap pengajian umum yang dilaksanakan serta bentuk pelayanan di masjid sangat baik berupa menyediakan tempat beribadah yang nyaman, bersih, wangi dan sejuk dan tempat beristirahat keluarga pasien maupun musafir. Hal ini merupakan bentuk manajemen pelayanan yang sangat baik. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan Masjid iii ABSTRACT Al-Mustasyfa Mosque at Urip Sumoharjo Hospital Bandar Lampung as a place of worship, as well as a resting place for families of Urip Sumoharjo Hospital patients through optimizing service management and religious activities for the community or patient families. Rohis activities are offered to contribute to the development of people's religious understanding, therefore it is very important to pay attention to comfort, beauty and safety when at the Al-Mustasyfa mosque. This study aims to describe the service management of the Al�Mustasyfa Mosque in improving patient family worship services at the Urip Sumoharjo Hospital in Bandar Lampung. This research uses a qualitative method, which is descriptive in nature with a field research type. To obtain data and research, the author used observation, interviews and documentation methods using this method. Researchers are trying to collect data in the field to compile, clarify and analyze data regarding Al-Mustasyfa Mosque Service Management in Improving Worship Services for Patient Families at Urip Sumoharjo Hospital Bandar Lampung. From the results of the research, the author can conclude that Al-Mustasyfa Mosque Service Management in Improving Patient Family Worship Services at the Urip Sumoharjo Hospital in Bandar Lampung has been running well because it already has programs such as spiritual activities, public recitations, TPA which always run smoothly. and supported or attended by the congregation and the patient's family. Mosque administrators always develop programs such as the Rohis program where the Rohis team always goes around every patient's room to remind patients to pray even when they are sick and to encourage patients to recover quickly and always think positively. And the management of the Al-Mustasyfa Mosque at Urip Sumoharjo Hospital always prepares interesting material for every public recitation held and the form of service at the mosque is very good in the form of providing a comfortable, clean, fragrant and cool place to worship and a place to rest for the families of patients and travelers. This is a form of excellent service management. Keywords: Management, Mosque Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:16
Last Modified: 17 Jul 2024 10:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item View Item