PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB AL-ADYAN TERHADAP PLURALISME AGAMA SANTRI KELAS V KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA – LAMPUNG SELATAN

RISWANDHA, IPNU NAWAWI (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB AL-ADYAN TERHADAP PLURALISME AGAMA SANTRI KELAS V KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA – LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Munculnya pemikiran pruralisme agama bisa dilacak dari abad Pencerahan (Enlightenment), yakni abad ke-18 Masehi di Eropa. Pada masa itu masyarakat Eropa mengalami pergolakan pemikiran yang berorientasi pada akal. Semangat dan pandangan hidup Barat itu disebut modernisme yang disulut oleh semangat keilmuan (sciens), sehingga pandangan hidup Barat Modern itu terkadang dikenal dengan scientific worldview. Pandangan hidup yang scientific ini sangat bercorak paham sekulerisme, rasionalisme, empirisisme, cara berpikir dikotomik, desakralisasi, pragmatisme, dan penafsian kebenaran metafisis, yang dimana gagasan atau akibat munculnya Pluralisme agama adalah landasan teoritis sebagai gagasan agama Kristen untuk berinteraksi terhadap agama lain, Faktor-faktor munculnya pluralisme agama ini amatlah kompleks. Dari sejarah munculnya paham ini saja sudah bermasalah, apalagi konsekuensi yang dibawanya. Maka dari itu, wajar bila agama-agama yang ada merespon keras munculnya paham ini. Banyak hal yang terkandung dalam kitab ini terkhusus Agama – agama yang lahir pada zaman dahulu seperti agama Majusi, Agama Shinto, Islam, Kristen dll, bahkan bukan hanya santri kelas 5 saja yang dapat mempelajarinya tetapi juga sebagai rujukan yang akurat sebagai pakar Theology, tetapi ada beberapa kekurangan yang harus di perbaiki maupun tambahan terhadap agama- agama yang terjadi pada masa kini. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui atau mengukur pengaruh Pebelajaran Kitab Al-Adyan terhadap Pluralisme Agama Santri kelas V KMI. Variabel penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 variabel, yaitu variabel bebas (X) yaitu Penaruh pembelajaran kitab Al-Adyan (Pluralisme), (Y) terdiri dari satu variabel, yaitu Pluralisme agama santri kelas V KMI seberapa besar pengaruh Pembelajaran Kitab Al Adyan terhadap Pluralisme Agama Santri Kelas V KMI, peneliti mengambil alasan signifikansi dari variabel variasi Pembelajaran Kitab Al Adyan adalah 0,006(<0,05) dan t hitung 42,117 lebih besar dari t tabel 1,667. t tabel diperoleh dari tabel t. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Ini berarti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Pembelajaran Kitab Al Adyan dan Pluralisme Agama. ABSTRACT The emergence of religious pluralism thinking can be traced to the Enlightenment century, namely the 18th century AD in Europe. At that time European society experienced an upheaval of thought that was oriented towards reason. The Western spirit and outlook on life is called modernism which is fueled by the spirit of science (sciens), so that the Modern Western outlook on life is sometimes known as the scientific worldview. This scientific outlook on life is strongly characterized by secularism, rationalism, empiricism, dichotomous thinking, desacralization, pragmatism, and metaphysical interpretation of truth, where the idea or result of the emergence of religious pluralism is the theoretical basis for the idea of Christian religion to interact with other religions. The factors for the emergence of religious pluralism are very complex. From the history of the emergence of this ideology, it is already problematic, let alone the consequences it brings. Therefore, it is natural that existing religions respond strongly to the emergence of this understanding. There are many things contained in this book, especially religions that were born in ancient times such as the Magian religion, Shinto religion, Islam, Christianity, etc., not only 5th grade students can study it but also as an accurate reference as an expert in Theology, but there are there are several deficiencies that must be corrected or additions to religions that occur today. In this research, the author wants to know or measure the influence of learning the Book of Al-Adyan on the religious pluralism of KMI class V students. The research variables that will be studied in this study are divided into 2 variables, namely the independent variable (X), namely the influence of learning the book Al-Adyan (Plularism), (Y) consists of one variable, namely the religious pluralism of KMI class V students. How big is the influence of Learning the Book of Al Adyan on the Religious Plularism of Class V KMI Santri, the researcher took the reason that the significance of the variation variable Learning the Book of Al Adyan is 0.006 (<0.05) and the t count of 42.117 is greater than the t table of 1.667. t table is obtained from t table. This shows that Ha is accepted and H0 is rejected. This means that there is a positive and significant influence between Learning the Book of Al Adyan and Religious Plularism.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:01
Last Modified: 15 Jul 2024 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item