DAMPAK JUAL BELI TIKTOKSHOP PADA TOKO OFFLINE DITINJAU HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung)

Angelika, Husna Nabila SW (2024) DAMPAK JUAL BELI TIKTOKSHOP PADA TOKO OFFLINE DITINJAU HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANGELIKA HUSNA BAB 1,3,5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANGELIKA HUSNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat sejak dahulu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat aktivitas jual beli atau perdagangan ini berkaitan dengan aktivitas muamalah diistilahkan dengan al-bai, al-Tijarah, dan al-Mubadalah yang menurut Bahasa adalah menjual, menganti dan menukar sesuatu yang lain, Salah satu bentuk transaksi pada aplikasi tiktokshop adalah akad salam. yaitu barang diberikan atau dijual dengan mendiskripsikan ciri-ciri dengan jelas dengan pembayaran dilakukan diawal kemudian barang diberikan di hari yang tetap harus sesuai dengan rukun dan syarat tertentu. dalam prosesnya, aplikasi Tiktok masih belum diketahui pasti kesesuaianya dengan ketentuan Syariat. Adapun Masalah dalam penelitian ini adalah pertama Bagaimana dampak jual beli tiktokshop pada toko Offline di pasar bambu kuning Bandar Lampung Kedua Bagaimana Tinjauan hukum Ekonomi Syariah terhadap dampak jual beli tiktokshop pada toko offline dipasar bambu kuning Bandar Lampung. Yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak jual beli tiktokshop pada toko Offline di pasar bambu kuning Bandar Lampung dan untuk mengetahui Tinjauan hukum Ekonomi Syariah terhadap dampak jual beli tiktokshop pada toko offline dipasar bambu kuning Bandar Lampung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Reasearch) yang dilakukan di pasar bambu kuning bandar lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang ditemukan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data melalui wawancara (Interview), dokumentasi. Kesimpulan Dalam Dampak Jual Beli Tiktokshop Pada Toko Offline Ditinjau Hukum Ekonomi Syariah (Studi Di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung)" bahwasannya Dampak yang ditimbulkan setelah Penutupan tiktokshop perekonomian para pedagang Pasar Bambu Kuning mengalami penurunan omzet yang dratis ditambah kondisi Pasar Bambu Kuning semakin hari semakin sepi pembeli, dalam hal ini pedagang yang menggunakan platform tiktokshop dalam media bertransaksi merasa dirugikan atas penutupan platform tiktokshop tersebut menurutnya bukanlah solusi melainkan penjual merasa terjebak dan harus mencari alternatif lain agar dagangannya laris terjual. dalam praktik penjualannya penjual seringkali memberikan harga promo pada produknya di tiktokshop dengan memberikan promo besar-besaran seperti gratis ongkir dan promo lainnya meskipun sering memberikan promo besar pada produknya beliau mendapatkan keuntungan dua kali lebih besar dibandingkan dengan secara langsung ditoko offline. Menurut Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah akad yang Digunakan dalam aplikasi Tiktok Shop adalah akad salam dimana bentuknya adalah sayembara melalui live streaming di Tiktok tersebut. Kemudian setiap penjual memaparkan spesifikasi dari masing-masing produk. Kata Kunci : Jual Beli, Dampak Penutupan Tiktoshop, Toko Oflline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:49
Last Modified: 15 Jul 2024 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33915

Actions (login required)

View Item View Item