PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP ETIKA PESERTA DIDIK DI SMPN1 SUMBER JAYA LAMPUNG BARAT

DONI, HIDAYAT (2024) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP ETIKA PESERTA DIDIK DI SMPN1 SUMBER JAYA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Game Online Terhadap Etika Peserta Didik Di SMPN1 Sumber Jaya Lampung Barat”. Ketika seorang gamer terlalu sering bermain game online di manapun dan kapanpun, mereka tanpa sadar akan terbawa suasana saat bermain game online dikehidupan sehari-hari. Kebiasaan itu seperti berkata kotor, mengumpat, dan mengejek atau mendiskriminatif individu lain di dalam game online yang nantinya membawa dampak buruk pada etika . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Game Online (Variabel X) terhadap etika peserta didik ataupun remaja (Variabel Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 226 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel rendom, maka jumlah sampel penelitian yang diambil adalah secara rendom sebanyak 40 orang digunakan sebagai sampel yang merupakan siswa kelas VII SMPN1 Sumber Jaya. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif melalui upaya pengumpulan dan pengukuran data berupa angket. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (Dependency Media Theory) dimana media baru saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari�hari sehingga menyebabkan rasa candu atau ketergantungan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 25 windows yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Selanjutnya pada hasil uji parsial yang telah dilakukan terdapat pengaruh negative dan signifikansi variable game online terhadap etika peserta didik di SMPN 1 Smber Jaya Lampung Barat,ini dibuktikan dengan kesimpulan pengujian dengan nilai T hitung 1,693 > dari nilai T table 1,685 maka dikatakan berpengaruh jika nilai t hitung lebih besar dari pada t table dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebersar 0,000 yang berarti mempunyai pengaruh signifikan,dengan demikian HO ditolak dan H1 diterima,kesimpunya adalah terdapat pengaruh game online iii terhadap etika peserta didik di SMPN1 Sumber Jaya Lampung Barat,artinya game online mempunya pengaruh terhadap peruahan etika peserta didik itu sendiri Kata Kunci : Game Online, Etika Peserta Didik iv ABSTRACT This research is entitled "The Influence of Online Games on Student Ethics at SMPN 1 Sumber Jaya West Lampung". When a gamer plays online games too often wherever and whenever, they will unknowingly get carried away when playing online games in their daily lives. Habits such as saying dirty things, swearing, and mocking or discriminating against other individuals in online games will have a negative impact on ethics. This research aims to find out how much influence online games (Variable X) have on the ethics of students or teenagers (Variable Y). The population in this study was 226 people and the sample used was a random sample, so the number of research samples taken randomly was 40 people used as the sample who were class VII students at SMPN1 Sumber Jaya. The research methodology uses quantitative research through data collection and measurement efforts in the form of questionnaires. The theory used in this research is media dependency theory (Dependency Media Theory) where new media has now become a very important need in everyday life, causing a feeling of addiction or dependency. Primary data in this research was obtained from a questionnaire whose measurement scale used a Likert scale and was processed statistically using the SPSS version 25 Windows program, namely validity test, reliability test, simple linear regression test and hypothesis test. Based on the research results, further on the partial test results that have been carried out, there is a negative and significant influence of online game variables on student ethics at SMPN 1 Smber Jaya West Lampung. This is proven by the conclusion of the test with a calculated T value of 1.693 > the T table value of 1.685, so it is said to have an effect. If the calculated t value is greater than the t table with a significance level smaller than 0.05, namely 0.000, which means it has a significant influence, thus HO is rejected and H1 is accepted, the conclusion is that there is an influence of online games on the ethics of students at SMPN 1 Sumber Jaya West Lampung, meaning that online games have an influence on changing the ethics of students themselves Keywords: Online Games, Student Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:45
Last Modified: 15 Jul 2024 05:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33914

Actions (login required)

View Item View Item