POLA PENGASUHAN ANAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DI RUMAH KREASI EDUKASI WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

SUSANTI, EKA KURNIA (2018) POLA PENGASUHAN ANAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DI RUMAH KREASI EDUKASI WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian anak, karena orang tua merupakan individu yang dikenal anak pertama kali. Oleh karena itu mestinya anak senantiasa dijaga , dirawat, dilindungi sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Pola asuh yang paling tepat adalah menyesuaikan dengan situasi kondisi anak. Seperti selalu memberikan perhatian terhadap anak, selalu meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan anak, terbuka dengan anak, mengarahkan anak agar dapat bertingkah laku secara rasional, dengan memberikan pola asuh demikian maka kepribadian anak akan berkembang dengan baik. Hal inilah yang membuat penulis tertarik mengambil judul yang berkaitan dengan pembelajaran anak bangsa, yakni “Pola Asuh Asisten Rumah Tangga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Rumah Kreasi Edukasi Way Halim Bandar Lampung.” Permasalahan yang saya ambil dalam peneliatian yaitu terkait dengan pelaksanaan pola asuh dan metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan pola asuh di Rumah Kreasi Edukasi Way Halim Bandar Lampung tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pola Pengasuh terhadap proses pembentukan kepribadian anak dan metode yang digunakan dalam proses pengasuhan anak di Rumah Kreasi Edukasi Way Halim Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 orang diantaranya yaitu 3 orang pengasuh, 12 anak asuh dan 3 orang tua asuh. Yang dijadikan sample dalam penelitian ini berjumah 7 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dimana yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah pengurus dan anak asuh . Dari hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa setiap anak tanpa terkecuali, harus terpenuhi hak-haknya. Hak untuk mempertahankan kelangsungan hidup, tumbuh kembang, serta memperoleh perlindungan agar terhidar dari diskriminasi dan eksploitasi. Anak memiliki hak untuk di dengar pertisipasinya untuk meraih sebuah cita-cita atau tujuan meraih masa depan. Salah satu langkah untuk mewujudkannya adalah dengan cara melakukan pengasuhan, pembinaan, pendampingan, perawatan, pendidikan dan perlindungan bagi anak. Dengan diterpkanya pola asuh yang demokrasi anak bisa lahir menjadi peribadi yang mandiri, periang terbuka, bertanggung jawab, mudah bergaul, jujur, disiplin, sarta tumbuh kembang secara maksimal. Sehingga dengan anak tidak merasa canggung setelah mereka melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:16
Last Modified: 21 Mar 2018 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item