KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI UPTD SD N 54 GEDONG TATAAN PESAWARAN

AHMAD, ZUL KHOIBI (2024) KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI UPTD SD N 54 GEDONG TATAAN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of UNESCO AHMAD_ZUL_KHOIBI_T.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dilakukan penelitian ini oleh penulis dikarenakannya peran kepala sekolah sangat penting dalam membina profesionalisme guru .Dalam stuktur organisasi dijelaskan tugas dan kewenangan masing�masing komponen sekolah yang disesuaikan dengan hirarki jabatan. Kegiatan utama pendidikan di sekolah dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah kegiatan pembelajaran, sehingga seluruh aktivitas organisasi sekolah bermuara pada pencapaian efesiensi dan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu salah satu fungsi kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasidengan uji keabsahan data tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam pengarahan perencanaan yang dilakukan dengan melakukan pembagian tugas mengajar guru dan juga tenaga pendidik laiinya, menjelaskan tugas pokok dan fungsi untuk masing-masing bidang,penyusunan program sekolah untuk satu tahun kedepan, dan membuat rencana jangka panjang program sekolah. 2. Kepala sekolah dalam membantu memecahkan masalah guru yaitu dengan mengetahui dan memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Misalnya dilakukan oleh kepala sekolah dapat berupa dorongan, bimbingan, dan kesempatan dari pertumbuhan keahlian. 3. Pengawasan yang dilakuan oleh kepala sekolah yaitu dengan melakukan Kunjungan kelas (classroom visitation). Dengan pengawasan melalui kunjungan kelas supervisor/kepala sekolah mengetahui apakah guru-guru menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun, serta melihat secara langsung kemampuan guru mengajar di kelas. 4. menciptakan hubungan antar pribadi dengan para guru menjalin hubungan antarpribadi dengan menghargai, menghormati dan menerima kekurangan serta kelebihan dari orang lain. 5. kepala sekolah menggunakan sistem penilaian yang jelas dalam mengevaluasi kinerja guru untuk memastikan adil, konsisten, dan transparan. Misalnya dengan Kemampuan menyampaikan materi para guru secara efektif, Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan menjaga disiplin Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisi, Profesionalisme Guru iv ABSTRAK This research was carried out by the author because the role of the school principal is very important in fostering teacher professionalism. The organizational structure explains the duties and authority of each school component which are adjusted to the position hierarchy. The main activity of education in schools in order to realize its goals is learning activities, so that all school organizational activities lead to achieving efficiency and effectiveness of learning. Therefore, one of the functions of the school principal is as a supervisor, namely supervising the work carried out by educational staff. This type of research is a field research method with a qualitative descriptive analysis method. The data collection methods used in this research are observation, interviews and documentation with triangulation data validity testing. Based on the research results, it can be concluded that: 1. Supervision is carried out by the school principal in directing planning which is carried out by distributing teaching duties to teachers and other teaching staff, explaining the main tasks and functions for each field, preparing school programs for the next year, and make long-term plans for school programs. 2. The school principal helps solve teacher problems by knowing and providing solutions to the problems that occur. For example, what the school principal can do in the form of encouragement, guidance and opportunities for skill growth. 3. Supervision is carried out by the school principal, namely by conducting classroom visits. By monitoring through class visits the supervisor/principal finds out whether the teachers are carrying out the learning process in accordance with the RPP that has been prepared, as well as seeing firsthand the teacher's ability to teach in class. 4. Create interpersonal relationships with teachers. Establish interpersonal relationships by appreciating, respecting and accepting other people's weaknesses and strengths. 5. The principal uses a clear assessment system in evaluating teacher performance to ensure fairness, consistency and transparency. For example, the teacher's ability to convey material effectively, the teacher's ability to manage the class and maintain discipline Keywords: Principal, Supervision, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:23
Last Modified: 15 Jul 2024 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33909

Actions (login required)

View Item View Item