UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 MESUJI

Muhamad, Arif Rahman (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ARIF RAHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan intelektual (IQ) ialah suatu kecerdasan yang berikasar pada diri peribadi seseorang dan kecerdasan emosional (EQ) suatu kecerdasan yang melingkupi pada diri sendiri dan berintraksi dengan orang lain, maka kecerdasan spiritual (SQ) pemaknaannya lebih dalam dari kedua kecerdasan tersebut. Kecerdasan spiritual atau SQ merupakan suatu kecerdasan yang tidak hanya berkisar pada diri pribadi seseorang dan orang lain atau alam sekitar saja, namun memaknai setiap tindakan, karena adanya kesadaran keberadaan tuhan semesta alam setiap tindakan. Dalam prakteknya, masih ditemukan peserta didik yang enggan melaksanakan ibadah ataupun masih berperilaku yang tidak menceminkan kebaika. Sehingga dalam hal ini perlu adanya upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningktakan kecerdasan spiritual peserta didik. Pada skripsi ini digunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dengan Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mesuji, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMP N 4 Mesuji ialah: pertama, memberikan pemahaman terkait nilai-nilai keagamaan, dimulai dengan berdoa sebelum belajar. Kedua, memberikan peserta didik motivasi untuk lebih taat dalam beribadah terutama melaksanakan petintah dari Allah SWT dan menjauhi larangan dari�Nya. Ketiga, menjadi teladan bagi peserta didik. Keempat, membangun kesadaran mental dan etika. Keelima, Menumbuhkan rasa empati, kepedualian dan kasih sayang yang mana upaya tersebut didukung oleh pendekatan juga metode yang dilakukan secara langsung. Ditemukan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Negeri 4 Mesuji. Baik faktor pendukung maupun faktor penghambat, keduanya iv berasal dari internal dan eksternal peserta didik. Dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam ini membuat perubahan positif juga atas dukungan dari sekolah, peserta didik dan guru lainnya. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Peserta Didik v ABSTRACT Intellectual intelligence (IQ) is an intelligence that is based on a person's personal self and emotional intelligence (EQ) is an intelligence that surrounds oneself and interacts with other people, so spiritual intelligence (SQ) has a deeper meaning than these two intelligences. Spiritual intelligence or SQ is an intelligence that does not only revolve around a person's personal self and other people or the natural surroundings, but interprets every action, because of the awareness of the existence of the God of the universe in every action. In practice, we still find students who are reluctant to carry out worship or still behave in ways that do not reflect goodness. So in this case it is necessary to make efforts by Islamic religious education teachers to increase the spiritual intelligence of students. In this thesis a qualitative descriptive approach is used. This research is a type of field research. The location of this research is at Mesuji 4 State Junior High School, Lampung Province. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The efforts made by Islamic Religious Education Teachers to instill Spiritual Intelligence in students at SMP N 4 Mesuji are: first, providing an understanding of religious values, starting with praying before studying. Second, to give students motivation to be more obedient in worship, especially carrying out commands from Allah SWT and staying away from His prohibitions. Third, be a role model for students. Fourth, build mental and ethical awareness. Fifth, fostering a sense of empathy, concern and compassion, which efforts are supported by direct approaches and methods. Supporting and inhibiting factors were found in cultivating students' spiritual intelligence at SMP Negeri 4 Mesuji. Both supporting factors and inhibiting factors both come from internal and external students. In this case, the efforts made by Islamic religious education teachers vi make positive changes also with the support of schools, students and other teachers. Keywords: Islamic Religious Education Teacher, Spiritual Intelligence, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:35
Last Modified: 12 Jul 2024 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item