KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN 2 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG

Tamami, M Syukron (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SDN 2 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG .

[thumbnail of SKRIPSI_M_SYUKRON_TAMAMI.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Yang melatarbelakangi pembahasan ini adalah sebuah fenomena bahwa untuk meningkatkan pendidikan, salah satu yang menjadi prasyarat utamanya adalah mengangkat kualitas tenaga edukatif yaitu guru. Guru merupakan kreator pembelajaran dan pada umumnya bagi siswa guru sering dijadikan tokoh teladan, bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Untuk itu, seorang guru perlu memiliki kepribadian, menguasai bahan pelajaran dan menguasai cara -cara mengajar sebagai kompetensinya. Kompetensimengajar harus dimiliki oleh seorang guru yang merupakan kecakapan atau keterampilan dalam mengelol a kegiatan pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakompetensi pedagogik Guru Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung? Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian terletakdi SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dimana dalam proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang tertulis, pengamatan ke tempat lokasi langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwakompetensi pedagogik Guru Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung sudah dilakukankepada siswanya dengan cukup baik. Adapun bentuknya meliputi: dalam aspek memahami karakteristik peserta didik masih sebatas cara guru me mahami karakteristik peserta didik, belum sampai pada pemahaman guru pada pemahaman guru terhadap karakteristik tersebut. Kemudian untuk aspek kemampuan guru dalam perancangan pembelajaran digunakan untuk menentukan pendekatan, metode, strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dalam mengevaluasi ii pembelajaran guru menggunakan model penilaian otentik. Serta guru mampu dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya walaupun masih terkendala dengan berbagai keadaan seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai serta masih terdapat peserta didik yang kurang displin. Kata kunci; Kompetensi Pedagogik Guru Agama Islam, Hasil Belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:52
Last Modified: 13 Mar 2017 01:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item