PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEWS, VOUCHER FREE DELIVERY, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Shopee di Bandar Lampung)

Muhammad, Arief Rasyidi (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEWS, VOUCHER FREE DELIVERY, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ARIEF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan pembelian merupakan suatu proses psikologis yang dilalui oleh konsumen atau pembeli. Kesesuaian harga dengan kualitas suatu produk dan pelayanan akan memberikan kepuasan para konsumen terhadap keputusan pembelian sehingga semakin banyak review positif yang diberikan oleh konsumen bisa mempengaruhi calon konsumen yang akan membeli produk tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya konsumen yang tidak puas dan kecewa setelah pengambilan keputusan pembelian suatu produk pada saat berbelanja online. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh online customer reviews, voucher free delivery dan harga terhadap keputusan pembelian di era revolusi industri 4.0 serta untuk menjelaskan bagaimana keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Popupasi dalam penelitian ini adalah pengguna marketplace shopee di wilayah Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 96 responden. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang sebelumnya telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasarat analisis, kemudian analisis uji t dan uji F. Hasil penellitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis, secara parsial online customer reviews dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan voucher free delivery tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Lalu secara simultan online customer reviews, voucher free delivery dan harga berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam perspektif ekonomi islam implementasi online customer reviews, voucher free delivery dan harga terhadap keputusan pembelian sudah sesuai dengan prinsip islam. Kata Kunci : Online Customer Reviews, Voucher Free Delivery, Harga, Keputusan Pembelian. iv ABSTRACT The purchase decision is a psychological process that is passed by consumers or buyers. The suitability of the price with the quality of a product and service will provide consumer satisfaction with purchasing decisions so that the more positive reviews given by consumers can influence potential consumers who will buy the product. The problem in this study is that there are still many consumers who are dissatisfied and disappointed after making a decision to purchase a product when shopping online. So this study aims to find out how the influence of online customer reviews, free delivery vouchers and prices on purchasing decisions in the era of the industrial revolution 4.0 and to explain how purchasing decisions are made from an Islamic economic perspective. The research method used in this research is quantitative. The population in this study are shopee marketplace users in the Bandar Lampung City area. The sampling technique used is purposive sampling with the number of samples taken is 96 respondents. The data source in this study is the primary data source obtained through the distribution of questionnaires. In this study, the data analysis technique used was multiple linear regression which had previously met the validity test, reliability test and analytical prerequisite test, then t test analysis and F test. The results of the research show that based on hypothesis testing, partially online customer reviews and prices have a significant effect on purchasing decisions, while free delivery vouchers have no significant effect on purchasing decisions. Then simultaneously online customer reviews, free delivery vouchers and prices have a significant effect on purchasing decisions. In the perspective of Islamic economics, the implementation of online customer reviews, free delivery vouchers and prices for purchasing decisions are in accordance with Islamic principles. Keywords: Online Customer Reviews, Free Delivery Voucher, Price, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:21
Last Modified: 11 Jul 2024 09:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33885

Actions (login required)

View Item View Item