PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Ridho, Ashari (2024) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS RIDHO ASHARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 370 siswa. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa, diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner, dengan instrumen sebanyak 40 item pernyataan. Sedangkan analisis datanya adalah secara kuantitatif dengan teknik statistik diskriptif, analisis regresi berganda, Uji F, Uji Statistik t dan menghitung Koefisien Determinasi (Adjusted R2) Hasil penelitian adalah: 1) Pengujian signifikansi dengan uji t diperoleh harga thitung 2,728 > ttabel 1,975 yang berarti pengaruh Disiplin terhadap Hasil Belajar Kognitif PAI Signifikan. Hasil analisis regresi dengan satu prediktor menghasilkan koefisien determinasi (r2 ) 0,182, hal ini berarti bahwa Disiplin mampu mempengaruhi 18% perubahan pada . Selama masa pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran online. Suasana kegiatan belajar mengajar jarak jauh dengan tatap muka tentu saja beberbeda. Namun Masalah baru muncul ketika siswa mulai diberlakukan belajar secara tatap muka dimana bnyaknya siswa yang mendapa hasil belajar kognitif yang dalam kriteria kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Menganalisis pengaruh disiplin terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung. 2) Menganalisis pengaruh motivasi terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung. 3) Menganalisis pengaruh disiplin dan motivasi terhadap hasil belajar kognitif PAI siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung vi Hasil Belajar Kognitif PAI. 2) Pengujian signifikansi dengan uji t diperoleh harga thitung3.852 > ttabel 2.053 yang berarti pengaruh Motivasi terhadap hasil belajar kognitif PAI signifikan. Hasil analisis regresi dengan satu prediktor menghasilkan koefisien determinasi (r2 ) 0,323, hal ini berarti bahwa Motivasi mampu mempengaruhi 32% perubahan pada Hasil Belajar Kognitif PAI. 3) Setelah dilakukan uji F signifikansi 5% diperoleh Fhitung13.325 > Ftabel 3,354 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Disiplin dan Motivasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Kognitif PAI siswa kelas XI di SMKN 5 Bandar Lampung. Koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,459 , hal ini berarti bahwa disiplin dan Motivasi mampu mempengaruhi 46% perubahan pada Hasil belajar Kognitif PAI Kata Kunci: Disiplin, Motivasi , Hasil Belajar kognitif vii ABSTRACT During the COVID-19 pandemic, learning activities in schools were shifted to online learning. The atmosphere of remote teaching and learning activities with face-to-face is of course different. However, a new problem arises when students begin to be implemented face-to-face learning where there are students who have cognitive learning outcomes that are lacking in criteria. This study aims to determine 1) Analyze the influence of discipline on the cognitive learning outcomes of PAI class XI students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung. 2) Analyze the influence of motivation on the cognitive learning outcomes of PAI class XI students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung. 3) Analyzing the influence of discipline and motivation on the cognitive learning outcomes of PAI class XI students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung The population in this study was class XI students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung for the 2021/2022 school year as many as 370 students. The research sample was 30 students, taken using a simple random sampling technique. The data collection of this study was carried out by the questionnaire method, with an instrument of 40 items of statements. While the data analysis was quantitatively with descriptive statistical techniques, multiple regression analysis, F Test, Statistical Test t and calculating the Coefficient of Determination (Adjusted R2) The results of the study were: 1) Significance testing with a t-test obtained a calculated price of 2,728 > ttabel 1,975 which means the influence of Discipline on Cognitive Learning Outcomes of PAI is significant. The results of the regression analysis with one predictor resulted in a coefficient of determination (r2) of 0.182, this means that the Discipline was viii able to influence 18% of changes in the Cognitive Learning Outcomes of PAI. 2) Significance testing with t-test obtained calculated price of 3,852 > 2,053 ttabel which means the influence of Motivation on cognitive learning outcomes PAI is significant. The results of regression analysis with one predictor produce a coefficient of determination (r2) of 0.323, this means that Motivation able to influence 32% of changes in PAI Cognitive Learning Outcomes. 3) After testing F 5% significance obtained F-tes 13.325 > Ftabel 3.354 with sig value. 0.000 < 0.05. This shows that Discipline and Motivation together have a significant effect on the Cognitive Learning Outcomes of PAI class XI students at SMKN 5 Bandar Lampung. The coefficient of determination (r2) is 0.459 , this means that discipline and Motivation are able to influence 46% of changes in Cognitive learning outcomes PAI Keywords: Discipline, Motivation, Cognitive Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:00
Last Modified: 10 Jul 2024 09:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33867

Actions (login required)

View Item View Item