KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASARPADA SISWA KELAS III SD NEGERI 4 CANDIMAS NATAR LAMPUNG SELATAN

RIZKA, SARI WULAN JARI (2024) KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASARPADA SISWA KELAS III SD NEGERI 4 CANDIMAS NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIZKA SARI WULAN JARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung kegiatan berbicara akan mengasah kemampuan berkomunikasi seseorang menjadi lebih baik terutama dalam konteks public speaking (berbicara di depan umum atau orang banyak). di dalam kehidupan masyarakat, keterampilan berbicara mempunyai kedudukan yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah atau pendidikan, keluarga dan lingkungan umum lainnya. Seperti di SD Negeri 4 candimas Natar Lampung Selatan keterampilan berbicara menjadi kegaiatan terutama di Kelas III pembelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan berbicara siswa ketika belajar di kelas yang berjumlah 24 orang siswa berkomunikasi secara aktif dengan guru, misalnya bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan keterampilan berbicara siswa dan melihat peran guru serta faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Penelitian Ini ditunjukkan untuk menjawab hasil dari keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 4 Candimas Natar Lampung Selatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil dan dukumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas III, analisis data dilakukan memalui tiga tahap pelaksanaan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keteerampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 4 Candimas Natar Lampung Selatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memperoleh hasil keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 4 Candimas Natar Lampung Selatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia v ditunjukkan dengan aspek intonasi yakni siwa memiliki intonasi yang tidak terlalu lantang dan tidak terlalu pelan sehingga sedang. Aspek kosa kata pada siswa ditunjukkan dengan mampu menggunakan kata atau kalimat yang baku dan sopan. Berdasarkan aspek pelafan terdapat kejelasan konsonan dan vokal aksen dari penggunaan bahasa daerah sudah tidak terlihat saat berbicara di kelas. Selanjutnya aspek kelancaran, dalm hal ini siswa tidak tersendat-sendat ketika menjawab pertanyaan ataupun bertanya di ruang kelas. Peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 4 Candimas Natar Lampung Selatan ditunjukkan dengan memberikan motivasi saat akan memulai mata pelajaran yaitu contohnya mengajak untuk menyayikan lagu nasional. Guru juga mengapresiasi segala bentuk masukan dari siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa semakin percaya diri dalam mengasah keterampilan berbicara. Guru akan selalu sabar mengulang materi yang belum dipahami oleh siswa dan juga akan memberikan hadiah kecil bagi siswa yang berhasil menjawab pertayaan ataupun mengajukan pertanyaan sehingga siswa akan semakin berani dan terus melatih keterampilan berbicara. Faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 4 Candimas Natar Lampung Selatan yaitu berasal dari faktor internal berasal dari dalam diri sendiri seperti motivasi, minat, bakat, dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Selanjtunya faktor eksternal berasal dari orang tua, guru, dan teman di sekolah. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Peran Guru, dan Siswa. vi ABSTRACT Speaking is a very important skill in everyday life, speaking activities will indirectly hone a person's communication skills to be better, especially in the context of public speaking (speaking in public or large crowds). In people's lives, speaking skills have a very influential position on the school or educational environment, family and other general environments. For example, at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung, speaking skills are an activity, especially in Class III, learning Indonesian. Students' speaking skills when studying in a class of 24 students communicate actively with the teacher, for example asking and answering the teacher's questions. The aim of this research was to analyze students' speaking skills and look at the role of the teacher and the factors that influence students' speaking skills. This research was intended to answer the results of the speaking skills of class III students at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung in learning Indonesian. The approach method used in this research is a case study. In carrying out the research, researchers used data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data taken and collected came from class teachers and class III students. Data analysis was carried out through three implementation stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. Validity checking uses source triangulation. The results of the research obtained show that the speaking skills of class III students at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung in learning Indonesian obtained results in the speaking skills of class III students at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung in learning Indonesian, indicated by the intonation aspect, namely that students have poor intonation. too loud and not too quiet so it's moderate. The vocabulary aspect of students is demonstrated by being able to use standard and polite words or sentences. Based on the pronunciation aspect, the clarity of consonants and vowel accents vii from the use of regional languages is no longer visible when speaking in class. Next is the aspect of fluency, in this case students do not falter when answering questions or asking questions in the classroom. The teacher's role in improving the speaking skills of class III students at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung is demonstrated by providing motivation when they start the subject, for example by inviting them to sing the national song. Teachers also appreciate all forms of input from students during the learning process so that students become more confident in honing their speaking skills. The teacher will always be patient in repeating material that students do not understand and will also give small prizes to students who successfully answer questions or ask questions so that students will become braver and continue to practice their speaking skills. Factors that influence the speaking skills of class III students at SD Negeri 4 Candimas Natar, South Lampung come from internal factors originating from within oneself such as motivation, interest, talent and a high level of confidence. Next, external factors come from parents, teachers and friends at school. Keywords: Speaking Skills, Teacher's Role, and Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:00
Last Modified: 10 Jul 2024 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item View Item