PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ALVYYATUN, FAUZIAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi ALVYYATUN FAUZIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik kelas X AKL di SMK N 1 Kalianda tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil wawancara yang diperoleh dan nilai pretest peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dan literasi digital terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperimental design dengan rancangan penelitian faktorial 2 × 3. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL SMK N 1 Kalianda. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AKL 1 dan X AKL 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes literasi matematis dan angket literasi digital. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anova dua jalan dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik, (2) Terdapat pengaruh tingkat literasi digital tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan literasi peserta didik, dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dan literasi digital terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Berdasarkan hal diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dan literasi digital terhadap literasi matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Literasi Digital, Literasi Matematis iii ABSTRACT Based on the results of preliminary research conducted, it is evident that the mathematical literacy skills of tenth-grade students in Accounting Vocational School (SMK N 1 Kalianda) are relatively low. This is observed from interview results and students' pretest scores. The cause of this issue is attributed to the ineffectiveness of the teaching models employed, resulting in students' lack of enthusiasm towards learning. The aim of this study is to investigate the impact of reciprocal teaching and digital literacy models on students' mathematical literacy skills. This research adopts a quasi-experimental design with a 2 × 3 factorial research design. The population consists of tenth-grade Accounting Vocational School students at SMK N 1 Kalianda. The sample includes classes X AKL 1 and X AKL 2. Data collection techniques include mathematical literacy tests and digital literacy questionnaires. Data analysis techniques employed are normality tests, homogeneity tests, and two-way ANOVA with a significance level of 0.05, yielding the following findings: (1) There is an influence of reciprocal teaching models on students' mathematical literacy skills, (2) There is an influence of high, medium, and low levels of digital literacy on students' literacy skills, and (3) There is an interaction between reciprocal teaching models and digital literacy on students' mathematical literacy skills. Based on these findings, it can be concluded that reciprocal teaching and digital literacy models have an impact on students' mathematical literacy. Keywords: Reciprocal Teaching Model, Digital Literacy, Mathematical Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:53
Last Modified: 10 Jul 2024 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33855

Actions (login required)

View Item View Item