STRATEGI DAKWAH MAJELIS TAKLIM NURUL IMAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH REMAJA DI DESA PULO AIR KURIPAN KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG

DHEIPA, ARIYA FATRA (2024) STRATEGI DAKWAH MAJELIS TAKLIM NURUL IMAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH REMAJA DI DESA PULO AIR KURIPAN KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DHEIPA ARIYA FATRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi dakwah adalah proses dalam mengarahkan atau mengatur, cara atau upaya untuk tercapainya suatu sasaran dakwah secara maksimal dengan menggunkan metode atau siasat yang digunakan dalam berdakwah. Strategi dakwah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah strategi dakwah yang digunanakan majelis sholawat Al-Madad dalam meningkatkan akhlakul karimah pemuda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Majelis Taklim Nurul Imam Di Desa Pulo Air Kuripan dalam meningkatkan akhlakul karimah remaja Jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan penelitian kualitatif, dengan sifat penelitian deskriptif guna memberikan gambaran dan penjelasan terhadap suatu masalah atau peristiwa yang diteliti. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik penelitian lapangan (Field Research). Adapun metode penelitian yang digunakan untuk melengkapi penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana yang menjadi sampel berjumlah 7 orang dengan 3 orang pengurus dan 4 orang pemuda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti di majelis Majelis Taklim Nurul Imam Di Desa Pulo Air Kuripan. Dari hasil penelitian dilapangan peneliti mengetahui bahwa strategi yang digunakan dalam meningkatkan akhlak remaja menggunakan 3 strategi dakwah yaitu strategi sentimentil (memfokuskan aspek hati dan perasaan), strategi rasional, (memfokuskan akal pikiran), dan strategi indrawi (berorientasikan pada panca indra) sebagai pendukung. Strategi dakwah yang sering digunakan majelis sholawat Al-Madad adalah strategi sentimentil dengan memfokuskan pada aspek hati dan perasaan dan menggunakan strategi rasional serta indrawi sebagai pendukung dari dakwah yang dilakukan majelis sholawat Al-Madad dalam meningkatkan akhlak remaja. Sedangkan metode dakwah yang digunakan majelis ada 2 yaitu bil hal dan bil lisan. Dalam setiap dakwah yang dilakukan majelis sholawat al-madad selalu mengajak jama‟ahnya untuk bersholawat Bersama dalam setiap pengajian yang dilaksanakan dan diisi dengan mauidhoh hasanah yang berisikan materi-materi yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi para remaja seperti akhlak, keimanan dan lain lain. Dakwah yang dilakukan majelis diselingi dengan lantunan sholawat yang diiringi musik hadroh sehingga remaja tidak bosan dan menimbulkan ketertarikan para remaja yaitu adanya pesan pesan dakwah yang disampaikan untuk pembenahan akhlak disertai sholawat kepada rosulullah dengan iringan hadroh yang menjadikan symbol kecintaan dan kerinduan umat terhadap Rosulullah SAW. Kata Kunci : Strategi Dakwah Majelis Taklim Nurul Iman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:21
Last Modified: 10 Jul 2024 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33850

Actions (login required)

View Item View Item