PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH GUNA MENARIK MINAT BELAJAR PESETA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PESAWARAN KELAS VII

RACHMAT, NUGROHO. A (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH GUNA MENARIK MINAT BELAJAR PESETA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PESAWARAN KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ledakan teknologi diabad kedua puluh satuber dampak cepat, serta memberikan ruang menarik terhadap perkembangan diseluruh sektor kehidupan. Pesatnya perkembangan teknologi mendorong manusia menggunakan teknoligi untuk berkembang. Salah satu implementasi teknologi dalam bidang pendidikan adalah realisasi pembelajaran dengan pengunaan ICT (Information Communication and Technology) membuat dan mengembangkan media, metode dan materi pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, respon peserta didik dan pendidik, kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap minat peserta didik pada pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan model pengembangan ini didasarkan pada alasan bahwa tahapan-tahapan dasar desain pengembangan ADDIE sederhana, mudah dipelajari, simpel serta lebih mudah dipraktikan dalam pengembangan media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada empat orang ahli (dua orang ahli materi dan dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan media, 20 peserta didik uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dihasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash SMP/MTs. (dikaji pertahap seperti apa, kaji secara ringkas); Menurut ahli materi, media, informatika, produk media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash sangat layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah; Produk media pembelajaran mendapat respon sangat menarik dan minat belajar peserta didik bertambah baik dari sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Segiempat dan Segitiga, Macromedia Flash, Minat Belajar iii ABSTRAK The launch of technology in the twenty-first century has had a rapid impact, as well as providing interesting space for developments in all sectors of life. The rapid development of technology encourages humans to use technology to develop. One of the implementations of technology in the field of education is the realization of learning by using ICT (Information Communication and Technology) to create and develop interesting media, methods and learning materials. This research aims to determine the suitability of the media, the responses of students and educators, the attractiveness of interactive learning media based on Macromedia Flash on students' interest in learning mathematics. In this research, the procedure used refers to development design with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) approach. The choice of this development model is based on the reason that the basic stages of ADDIE development design are simple, easy to learn, simple and easier to put into practice in learning development media. The data collection instrument used was a questionnaire given to four experts (two material experts and two media experts) who were involved to assess the suitability of the media, 20 large group trial students. The results of the research show that an interactive learning media product based on Macromedia Flash for SMP/MTs was produced. (study in stages, study briefly); According to material, media and informatics experts, learning media products in the form of interactive learning media based on Macromedia Flash are very suitable for use for learning in schools; Learning media products received a very interesting response and students' interest in learning increased better than before. This shows that the media developed by researchers can be used in the learning process in schools. Kata Kunci : Segiempat dan Segitiga, Macromedia Flash, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:10
Last Modified: 10 Jul 2024 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33849

Actions (login required)

View Item View Item