PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK

NISRINA, HUSEN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NISRINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuam pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, serta interaksi antara model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Pekalongan, Lampung Timur. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling total dengan sampel pada kelas eksperimen sebanyak 32 dan kelas kontrol sebanyak 31. Instrumen yang digunakan untuk penggumpulan data menggunakan tes dan angket serta dengan uji prasyarat dan uji hipotesis anova dua jalan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik; 2) Terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik; dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Formulate Share Listen Create, Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence. iv ABSTRACT The ability to solve mathematical problems is one of the abilities that needs to be developed by students in learning mathematics. This research aims to determine the influence of the Formulate Share Listen Create (FSLC) learning model on students' mathematical problem solving abilities, and the influence of self�confidence on students' mathematical problem solving abilities, as well as the interaction between the Formulate Share Listen Create (FSLC) learning model and self-confidence on students' mathematical problem solving abilities. This type of research is Quasi Experiment Design. The population in this study were students in class XI Accounting at SMK Negeri 1 Pekalongan, East Lampung. The sample for this research was taken using a total sampling technique with 32 samples in the experimental class and 31 in the control class. The instruments used for data collection used tests and questionnaires as well as prerequisite tests and two-way anova hypothesis testing. The results obtained in this research are as follows: 1) There is an influence of the Formulate Share Listen Create (FSLC) learning model on students' mathematical problem solving abilities; 2) There is an influence of self-confidence on students' mathematical problem solving abilities; and 3) There is no interaction between the Formulate Share Listen Create (FSLC) learning model and self-confidence on students' mathematical problem solving abilities. Keywords: Formulate Share Listen Create, Learning Model, Mathematical Problem Solving, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:01
Last Modified: 10 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33846

Actions (login required)

View Item View Item