IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NOMOR 08 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH PERSFEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Melisa, Ika Putri (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NOMOR 08 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH PERSFEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELISA IKA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi problematika bagi manusia. Tingginya produksi sampah karena beragamnya aktivitas makhluk hidup turut mendukung permasalahan terkait. Salah satu daerah yang memiliki problematic pengelolaan sampah adalah kabupaten Tulang Bawang Barat. Tingginya produksi sampah berdampak pada penuhnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang menjadi perhatian khusus bagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang Barat karena berperan sebagai penanggung jawab kebersihan lingkungan. Akan tetapi, optimalisasi Langkah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang Barat masih dinilai Kurang efektif dalam menyelesaikan problematika pengelolaan sampah setempat. Sehingga rumusan penting dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat nomor 8 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah Dan bagaimana fiqh siyasah memandang hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena peneliti ingin mengeksplorasi, menggambarkan dan mendeskripsikan suatu permasalahan di lapangan. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian lapangan field research, yaitu penelitian yang mempelajari fenomena langsung di tempat objek penelitian. Dimana data yang digunakan adalah primer yang bersumber langsung dari data lapangan, serta sekunder yaitu data pendukung yang berasal dari sumber-sumber berupa buku, jurnal, dan artikel Ilmiah, dalam skripsi ini populasinya adalah 34 pekerja dan sample yang diambil berjumlah 6 orang. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah yang dijalankan Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah cukup baik, karena pemerintah sudah melakukan beberapa upaya yang sesuai dengan Peraturan Daerah dalam mengendalikan permasalahan sampah tersebut, meski ada beberapa faktor penghambat pemerintah daerah dalam melakukan upaya tersebut baik dari segi keuangan, sarana dan prasarana. Kedua tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat nomor 8 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah sudah sesuai dengan syariat islam karena manusia sebagai makhluk yang diciptakan Allah harus bertanggung jawab untuk diriinya sendiri dan juga sekitarnya termasuk menjaga lingkungan karena sejatinya Allah menciptakan manusia ke muka bumi ini agar dapat mengolah serta memanfaatkan apa yang diciptakan Allah dimuka bumi ini dan jangan sampai dirusak. Kata Kunci: Peraturan Daerah, Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, dan Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:06
Last Modified: 09 Jul 2024 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33841

Actions (login required)

View Item View Item