PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR ANAK DI BAWAH UMUR PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu)

YUYUN, ABDIYANTI (2024) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR ANAK DI BAWAH UMUR PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI YUYUN.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polsek Gadingrejo Kabupaten Pringsewu masih sering terjadi. Pelanggaran lalu lintas yang terjadi bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga dilakukan oleh anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan terutama sepeda motor. Pada dasarnya Kepolisian Lalu Lintas bertugas mengawasi, membantu, dan menjaga agar sistem transportasi di jalan raya berfungsi secara lancar dan efisien, sehingga diperlukan peran Kepolisian untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap pelanggaran lalu lintas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana peran Kepolisian terhadap penegakan hukum dalam mencegah pelanggaran pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu? Bagaimana peran Kepolisian terhadap penegakan hukum dalam mencegah pelanggaran pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyah? Tujuan dalam penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui peran Kepolisian terhadap penegakan hukum dalam mencegah pelanggaran pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, dan untuk mengetahui peran Kepolisian terhadap penegakan hukum dalam mencegah pelanggaran pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif.. Hasil penelitian mununjukan bahwa peran Kepolisian terhadap penegakan hukum dalam mencegah pelanggaran pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur Di Kepolisian Sektor Gadingrejo Kabupaten Pringsewu sudah menjalankan peran aktif dan formal dengan baik berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kepolisian Sektor Gadingrejo menjalankan beberapa tindakan preventif seperti program pendidikan masyarakat (Dikmas), jum‘at curhat, dan sosialisasi ke sekolah�sekolah. Serta memberikan sanksi atau hukuman dengan tindakan represif berupa teguran dan tilang. Dalam perspektif fiqh siyasah tanfidziyah peran Kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pengguna kendaraan bermotor anak di bawah umur, pelaksanaannya sudah sesuai dengan prinsip syariah yang memerintahkan agar menaati segala putusan hukum atau peraturan yang dibuat oleh pemegang kekuasaan atau pemerintah berlandaskan Al-Qur‘an dan Sunnah yang bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan umum. Kata Kunci: Pelanggaran, Kepolisian, Pencegahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:04
Last Modified: 09 Jul 2024 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33840

Actions (login required)

View Item View Item