PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 77 KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT

Novia, Risa Pasa (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 77 KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data hasil pra penelitian yang telah dilakukan penulis di SD Negeri 77 Krui Kabupaten Pesisir Barat menunjukkan bahwa Peserta didik tidak terbiasa terlatih keterampilan bicaranya terutama di depan kelas, Siswa kelas III SDN 77 Krui Kabupaten Pesisir Barat kurang menguasai tata bahasa, dan kurang percaya diri, Proses pembelajaran masih monoton sehingga peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan pendidik belum bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan Media Video Pembelajaran Berbasis Animasi untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimen Design dengan jenis penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III A dan III B di SD Negeri 77 Krui Kabupaten Pesisir Barat, teknik pengambilan sample menggunakan total sampling sehingga terpilih kelas III A sebagai kelas eksperimen dan III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, rekaman suara dan dokumentasi lalu dalam uji instrumen menggunakan uji validitas. Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan Terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN 77 Pesisir Barat. Dari hasil penelitian dan pengolahan data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol. Dengan menggunakan media pembelajaran video animasi di kelas eksperimen siswa lebih termotivasi, minat belajar siswa lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak dapat perlakuan atau menggunakan buku paket, dan keterampilan berbicara siswa meningkat. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi lebih efektif dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran Video Animasi iii ABSTRACT Based on data from pre-research conducted by the author at SD Negeri 77 Krui, Pesisir Barat Regency, it shows that students are not used to practicing their speaking skills, especially in front of the class. Class III students at SDN 77 Krui, Pesisir Barat Regency do not master grammar and lack self-confidence. The learning process is still monotonous so that students become passive in the learning process. This is because educators have not varied in using learning models in Indonesian language lessons. Based on these problems, the author conducted research using animation-based learning video media to improve students' speaking skills. The research method used was Quasy Experiment Design with a pretest-posttest control group design research type. The population in this study were all students in classes III A and III B at SD Negeri 77 Krui Pesisir Barat Regency. The sampling technique used total sampling so that class III A was selected as the experimental class and III B as the control class. The data collection technique in this research uses tests, voice recordings and documentation, then the instrument is tested using a validity test. Data analysis tests in this study used the normality test, homogeneity test, and T test. Based on the results of research that has been carried out, there is an influence of animated video learning media on speaking skills in class III students at SDN 77 Pesisir Barat. From the results of research and data processing, it can be seen that the learning outcomes of experimental group students are better than those of control group students. By using animated video learning media in the experimental class, students are more motivated, students' interest in learning is greater compared to the control group who did not receive treatment or used textbooks, and students' speaking skills improved. In other words, it can be concluded that animated video learning media is more effective in learning activities. Keywords: Speaking Skills, Animation Video Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:56
Last Modified: 09 Jul 2024 10:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33839

Actions (login required)

View Item View Item