PRAKTIK SEWA MENYEWA KIOS DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Pada Pedagang di Pasar Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus)

INTAN, TRI ADELIA (2024) PRAKTIK SEWA MENYEWA KIOS DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Pada Pedagang di Pasar Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKIRIPSI CETAK INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Permasalahan yang ada di pasar talang padang kecamatan talang Padang kabupaten Tanggamus adalah bagaimana praktek penundaan pembayaran sewa kios di pasar Talang Padang yang dilakukan secara lalai oleh beberapa pedagang khususnya yang berada di pasar talang padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Pada dasarnya sewa menyewa berdasarkan Pasal 1548 KUHPerdata adalah perjanjian, dimana satu pihak mengikatkan dirinya untuk memberikan “kenikmatan” suatu barang kepada pihak lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga tertentu yang disetujui oleh pihak lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana praktik penundaan pembayaran sewa kios di pasar talang padang kecamatan talang padang kabupaten tanggamus dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap penundaan pembayaran sewa menyewa kios di pasar talang padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik penundaan pembayaran sewa kios di pasar talang padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap penundaan pembayaran sewa menyewa kios di pasar talang padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research) yaitu pengamatan dan pencatatan sistematis terhadap fenomena-fenomena yang diselidiki. Adapun dalam penelitian ini yaitu staf kantor pemasaran dan para pedagang dan penyewa kios di pasar talang padang Kecamatan Talang padang Kabupaten Tanggamus yang berjumlah 100 orang, terdiri dari staf kantor pemasaran dan pedagang atau penyewa kios di pasar talang padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Praktik penundaan pembayaran sewa kios di pasar Talang Padang bahwa terdapat berbagai macam alasan yang dikatakan oleh pedagang pengguna sewa kios, yaitu terdapat biaya lain yang harus ditanggung dan sepinya penjualan. Sedangkan Menurut tinjauan hukum ekonomi syari’ah, Pelaksanaan ijarah (sewa menyewa) kios jualan dipasar talang padang pada prinsipnya telah memenuhi rukun dan syarat dalam Islam karena perjanjian sewa menyewa telah jelas dan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, serta objeknya dapat dimanfaatkan oleh pihak penyewa. Kata Kunci: sewa menyewa, pasar,ekonomi syari’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:32
Last Modified: 09 Jul 2024 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item