PRAKTIK JUAL BELI PERUMAHAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung)

AULIA, RAHMA WATI (2024) PRAKTIK JUAL BELI PERUMAHAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Aulia Rahma Wati Perpus Bab 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Aulia Rahma Wati full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli dalam Islam harus memenuhi syariat Islam, baik dari segi syarat dan rukunnya. Salah satu fakta jual beli yang dipraktikan oleh para pembeli perumahan syariah di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung patut memperoleh penelaahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli perumahan yang tidak sesuai dengan akad perjanjian awal dengan keterlambatan pembangunan rumah tersebut dan bagaimana padangan hukum Islam dalam praktik jual beli perumahan di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli perumahan yang tidak sesuai dengan akad perjanjian awal dengan keterlambatan pembangunan rumah di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung dan untuk memahami pandangan hukum Islam dalam praktik jual beli perumahan di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Bandar Lampung. Data penelitaian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan memakai pola pikir deduktif, yaitu data primer yang didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Dan data sekunder yang didapatkan melalui riset yang mencakup buku, jurnal, dan artikel serta dokumen�dokumen resmi yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara Tinjauan Hukum Islam jual beli perumahan di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung ini dalam teori jual beli kredit. Dalam perjanjiannya pihak pertama mengikatkan diri dengan pihak kedua untuk menyerahkan benda (rumah) selama waktu tertentu karena telah terjadi proses pembelian, dengan sistem pembayaran pembelian rumah tersebut dengan mengangsur. Namun dalam praktik di lapangan perjanjian tersebut tidak sesuai dengan perjanjian awal yang sudah disepakati akan tetapi ada musyawarah antara kedua belah pihak sehingga tetap melanjutkan pembelian rumah tersebut. Berdasarkan Hukum Islam maka praktik jual beli perumahan di Perumahan Griya Jati Tahap Lima Rajabasa Bandar Lampung adalah sah atau boleh, sebab dalam praktiknya sudah terpenuhinya rukun dan syarat jual beli yang tidak menyalahi aturan dan syariat Islam. Kata kunci : Jual Beli, Perjanjian Akad, Perumahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:09
Last Modified: 09 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33828

Actions (login required)

View Item View Item