STRATEGI GURU DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE IQRA DI TK ISLAM BINA BALITA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

BIBIT, UMI MUALIFAH (2024) STRATEGI GURU DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI PENERAPAN METODE IQRA DI TK ISLAM BINA BALITA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BIBIT UMI MUALIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi guru merupakan cara yang dilakukan oleh guru untuk mendidik, mengajar dan membimbing peserta didik, salah satunya pengenalan huruf hijaiyah bagi anak usia dini. metode yang digunakan salah satunya metode Iqra, untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Penerapan Metode Iqra di TK Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu anak-anak kelas B2 yang berjumlah 14 peserta didik dan 1 orang guru ekstrakulikuler Iqra‘. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu menggnakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan hasil penelitian bahwa Strategi Guru Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Melali Penerapan Metode Iqra‘ Di TK Islam Bina Balita sudah terlaksana dengan baik. Dimana dari 14 peserta didik terdapat 4 anak mulai berkembang, 8 anak berkembang sesuai harapan dan 2 anak berkembang sangat baik. Strategi guru dalam pengenalan huruf hijaiyah melalui penerapan metode Iqra di TK Islam Bina Balita yaitu sebelum memulai pembelajaran pertama guru selalu mempersiapkan keperluan rangakaian pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kedua guru menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan seperti buku iqra‘ dan juga flash card yang digunakan untuk mencontohkan huruf hijaiyah. Ketiga guru mengenalkan huruf hijaiyah dari awal hingga akhir menggnakan media yang disiapkan meminta anak untuk menirukan lafaz yang diucapkan oleh guru sesuai makhrajnya. Keempat guru mengenalkan tanda baca huruf hijaiyah berdasarkan cara membacanya. Dan kelima guru memurajaah dan mengulas singkat kembali pembelajaran yang telah diberikan pada hari itu. Kata kunci: Strategi Guru, Huruf Hijaiyah, Metode Iqra’. iv ABSTRACT Teacher strategies are methods used by teachers to educate, teach and guide students, one of which is the introduction of hijaiyah letters for early childhood. One of the methods used is the Iqra method, for this reason the aim of this research is to find out the teacher's strategy for introducing Hijaiyah letters through the application of the Iqra method in the Islamic Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Kindergarten. This research uses a qualitative descriptive type of research, with the research subjects being class B2 children, totaling 14 students and 1 Iqra' extracurricular teacher. The data collection technique used by the author in this research is observation, interviews and documentation methods and analyzed by data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the research results, it can be concluded that the teacher's strategy for introducing Hijaiyah letters through the application of the Iqra' method in the Bina Toddler Islamic Kindergarten has been implemented well. Of the 14 students, 4 children are starting to develop, 8 children are developing according to expectations and 2 children are developing very well. The teacher's strategy in introducing hijaiyah letters through the application of the Iqra method in Bina Balita Islamic Kindergarten is that before starting the first lesson the teacher always prepares the needs for the series of learning that will be implemented. The two teachers prepared the learning media that would be used, such as the iqra' book and also flash cards that were used to exemplify the hijaiyah letters. The three teachers introduced the hijaiyah letters from beginning to end using prepared media asking children to imitate the pronunciation spoken by the teacher according to the makhraj. The four teachers introduced the hijaiyah letter punctuation based on how to read it. And the five teachers gave praise and briefly reviewed the lessons that had been given that day. Keywords: Teacher Strategy, Hijaiyah Letters, Iqra' Method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:28
Last Modified: 09 Jul 2024 09:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item View Item