PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

MUHAMMAD, FARHAN BARATA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FARHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar adalah faktor psikologis yang mendorong individu untuk meraih tujuannya. Kemampuan berpikir kritis berkaitan dengan keterampilan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah. keputusan yang tepat. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, masih rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga dibutuhkannya inovasi baru dalam penerapan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Auditory Intellectually Repetition terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode Quasy Experimental Design. Desain yang digunakan ialah Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan non tes berupa angket motivasi belajar serta dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X.2 (kelas eksperimen) dan X.5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction. Uji analisis yang digunakan adalah uji-t independent motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis menunjukkan nilai yang sama bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < α (0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Auditory, Intellectually, Repetition. iv ABSTRACT Learning motivation is a psychological factor that drives individuals to achieve their goals. Critical thinking skills are related to the ability to identify, analyze, and solve problems. The right decision. Based on the results of preliminary research conducted at Gajah Mada High School, Bandar Lampung, the low learning motivation and critical thinking abilities of students are still evident. Therefore, the need for new innovations in the application of appropriate learning models is required. This study aims to determine the effect of the Auditory Intellectually Repetition model on learning motivation and critical thinking skills of tenth-grade students in biology. This research is a quantitative study with a Quasi Experimental Design method. The design used is the Pre-test Post-test Control Group Design. Data collection techniques consist of critical thinking skills tests and non-test questionnaires on learning motivation as well as documentation. The population in this study was all tenth-grade students at Gajah Mada High School, Bandar Lampung. The sampling technique in this study used cluster random sampling techniques obtained classes X.2 (experimental class) and X.5 (control class). The experimental class uses the Auditory Intellectually Repetition learning model, and the control class uses the Direct Instruction model. The analysis test used is an independent t-test for learning motivation and critical thinking skills, showing the same value that Sig. (2-tailed) is 0.000 < α (0.05), then H0 is rejected and H1 is accepted. Thus, the results of this study can be concluded that there is an influence of the use of the Auditory Intellectually Repetition learning model on the motivation and critical thinking skills of tenth�grade students in biology. Keywords: Learning Motivation, Critical Thinking Skill, Auditory, Intellectually, Repetition

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:27
Last Modified: 09 Jul 2024 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33810

Actions (login required)

View Item View Item