ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Anita, Rosiyanti (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang penting bagi setiap mahasiwa karena memungkinkan mereka untuk menemukan dan menciptakan hal – hal yang baru, mencari cara – cara baru, ataupun merancang model – model baru yang dapat bermanfaat dalam proses belajar. Berpikir kreatif memiliki 4 indikator yang mempengaruhi seseorang dalam berpikir kreatif yaitu : 1) kelancaran (fluency); 2) keluwesan (flexibility); 3) keaslian (originality); dan 4) merinci (elaboration). UIN Raden Intan Lampung merupakan perguruan tinggi islam, dimana terdapat Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan yang hakikatnya sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan. Fenomena yang terjadi pada mahasiswa belum berpikir kreatif secara efektif seperti kurangnya keberanian untuk mengemukakan ide – ide baru atau pendapat yang berbeda, ketidak pedulian dan kurangnya minat dalam materi tertentu sehingga kuran termotivasi untuk berpikir kreatif, kurangnya pembelajaran yang kreatif dan stimulus dalam pembelajaran, dan banyak mahasiswa terlalu rasional dalam berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif dan kendala yang dihadapi mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Angkatan 2021 Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung Angkata 2021. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling.rata – rata setiap indikator persentase yang didapatkan dari ketiga kelas memiliki perbedaan yang sangat berbeda – beda dan adapun hasil dari rata – rata interval keselurahan dari ketiga kelas yaitu pada Kelas X mendapatkan skor 22% dengan kategori “kurang kreatif” pada Kelas Y mendapatkan skor 54% dengan kategori “cukup kreatif” dan Kelas Z mendapatkan skor 62% dengan kategori “kreatif”. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2021 pada Kelas X mendapatkan hasil 22% dengan kategori “kurang kreatif”, pada Kelas Y mendapatkan hasil 54% dengan kategori “cukup kreatif” dan pada Kelas Z mendapatkan hasil 62% dengan kategori “kreatif” iv dan kendala dalam berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2021 yaitu tidak fokusnya dalam membaca soal, terburu – buru dalam membaca dan mengerjakan soal, serta kesulitan dalam membuat kalimat – kalimat baru dan unik dalam menjelaskan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Mahasiswa, Pendidikan Biologi v ABSTRACT Creative thinking is an important ability for every student because it allows them to find and create new things, find new ways, or design new models that can be useful in the learning process. Creative thinking has 4 indicators that affect a person in creative thinking, namely: 1) fluency; 2) flexibility; 3) originality; and 4) elaboration. UIN Raden Intan Lampung is an Islamic university, where there is Tarbiyah and Keguruan Education which is essentially a center for the development of science. Phenomena that occur in students who have not thought creatively effectively such as lack of courage to express new ideas or different opinions, indifference and lack of interest in certain materials so that they are less motivated to think creatively, lack of creative learning and stimulus in learning, and many students are too rational in thinking. The purpose of this study was to determine the creative thinking skills and obstacles faced by students of the Biology Education Study Program Batch 2021. The type of research used in this study is descriptive qualitative. the population in this study were students of the Biology Education Study Program at UIN Raden Intan Lampung Force 2021. The technique used in this study is purposive sampling. The average of each percentage indicator obtained from the three classes has very different differences and as for the results of the average overall interval of the three classes, namely in Class X getting a score of 22% with the category “less creative” in Class Y getting a score of 54% with the category “quite creative” and Class Z getting a score of 62% with the category “creative”. The ability to think creatively of Biology Education students of UIN Raden Intan Lampung Class of 2021 in Class X got a result of 22% with the category “less creative”, in Class Y got a result of 54% with the category “quite creative” and in Class Z got a result of 62% with the category “creative” and obstacles in thinking creatively of Biology Education students of UIN Raden Intan Lampung Class of 2021, namely not focusing on reading questions, rushing in reading and working on questions, and difficulty in making vi new and unique sentences in explaining the answers to the questions given. Keywords: Creative Thinking, Students, Biology Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:18
Last Modified: 09 Jul 2024 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33808

Actions (login required)

View Item View Item