EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONALPESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PERMANA, DENI (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONALPESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lengkap deni.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Komunikasiinterpersonalmerupakanbentukkomunikasiyang paling efektif dalam mengubahsikap,opini, dan perilaku komunikan dibandingkan dengan bentuk-bentuk komunikasi lainnya. Trenholm dan Jensen mendefinisikan komunikasi interpersonal sebagai komunikasi antara dua orangyang berlangsung secaratatapmuka(komunikasidiadik).Bila seseorang mengalami kegagalan dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan orang lain ia akan menjadi agresif, senang berkhayal, dingin, sakit fisik dan mental, serta ingin melarikan diri dari lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Jenispenelitianiniadalahkuantitatif,dengandesainyang digunakan dalam penelitianiniadalahNon-equivalent ControlGroupDesign.Padaduakelompok tersebut sama-sama dilakukanpretestdanposttest, dalam penelitian inifokus memperolehdatadangambarandilapangantentang keefektivanlayanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik,sedangkanteknikpengumpuldatayang penulisgunakanyaituwawancara dan skala komunikasi interpersonal. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan pengujian thitung 4.887pada derajat kebebasan (df) 14 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05 = 2.144, maka thitung ≥ ttabel(4.887≥ 2.144) atau nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.005 (0.000 ≤ 0.005), ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, selain itu didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (10 ≥ 5.4).Haltersebut membuktikan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Mar 2018 01:23
Last Modified: 20 Mar 2018 01:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item