PENDIDIKAN IMAROH (KEPEMIMPINAN) DALAM PERSPEKTIF KITAB HADITS SHAHIH IMAM MUSLIM

Ahmad, Ridho (2017) PENDIDIKAN IMAROH (KEPEMIMPINAN) DALAM PERSPEKTIF KITAB HADITS SHAHIH IMAM MUSLIM. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PENDIDIKAN_IMAROH_full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Di dalam ilmu pendidikan, kepemimpinan mempunyai peran sangat penting, begitu pula dalam organisasi, karena kepemimpinan adalah suatu proses untuk dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan prilaku orang lain, baik dalam bentuk individu maupun kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Proses mempengaruhi tersebut dapat berlangsung meskipun tidak ada ikatan-ikatan yang kuat dalam suatu organisasi, karena kepemimpinan lebih menitikberatkan pada fungsi bukan pada struktur. Untuk itu setiap individu manusia dituntut untuk belajar mengenai pendidikan kepemimpinan yakni pendidikan yang dapat mengarahkan pelakunya untuk tidak melakukan kegiatan yang merugikan orang lain dan menyimpang dari pada aturan ilahi. Dengan demikian pendidikan imaroh (kepemimpinan) dalam perspektif kitab hadits shahih Imam Muslim, merupakan pendidikan yang dirasa tepat untuk dijadikan solusi dan jawaban terhadap permasalahan yang terjadi. Hal ini karena kepemimpinan merupakan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan orang lain agar ia menerima pengaruh itu. Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah Bagaimana Pendidikan Imaroh(Kepemimpinan) dalam Perspektif Kitab Hadits Shahih Imam Muslim?. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian library research yang merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan metode qualitative contents analysis. Metode content analysis untuk menggali pendidikan imaroh (kepemimpinan) dalam kitab hadits shahih Imam Muslim. Kemudian hasil penelitian data disajikan dengan deskriptif analitik. Setelah dilakukan kajian yang mendalam, diketahui bahwasanya dalam kepemimpinan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu diri sendiri. Maka dari itu, inti dari pernyataan ini adalah sesorang tidak dapat berhasil memimpin orang lain dengan baik apabila tidak dapat berhasil memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu. Nabi Muhammad SAW telah memberi teladan dan tuntunan bagaimana memimpin diri sendiri. Kesuksesan dalam memimpin diri dan mengatasi rintangan dalam memimpin diri sendiri akan jalan bagi kesuksesan dalam kepemimpinan-kepemimpinan lainnya yang melibatkan orang lain. Pendidikan kepemimpinan merupakan sebuah keniscayaan, sehingga harus diwujudkan. Karena kesuksesan mendidik generasi, membina umat, dan berusaha membangkitkannya terkait erat dengan terpenuhinya pendidikan kepemimpinan yang benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:52
Last Modified: 13 Mar 2017 01:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item